Bola Internasional

Kisah Cinderella Timnas Zambia saat Jadi Juara Piala Afrika 2012

Kamis, 13 Januari 2022 11:53 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© twitter.com/FIFAcom
Timnas Zambia merayakan gelar juara Piala Afrika 2012. (FIFAcom/TWITTER) Copyright: © twitter.com/FIFAcom
Timnas Zambia merayakan gelar juara Piala Afrika 2012. (FIFAcom/TWITTER)

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali kisah saat Timnas Zambia menjadi juara Piala Afrika 2012 yang bak Cinderella dan dipenuhi kesan mistis.

Piala Afrika selalu menghadirkan kejutan di setiap gelarannya, terutama saat 2012 lalu kala Zambia menjadi juara dengan mengalahkan tim kuat, Pantai Gading.

Saat itu, Pantai Gading diunggulkan menjadi juara mengingat dihuni beberapa nama besar seperti Didier Drogba, Gervinho, Kolo dan Yaya Toure, serta sederet pemain lainnya.

Namun yang terjadi, di partai puncak Zambia mampu menghadirkan keajaiban dengan mengalahkan Pantai Gading via adu penalti untuk menjadi kampiun Piala Afrika 2012.

Kisah ini bak Cinderella. Pasalnya gelar Piala Afrika 2012 menjadi gelar perdana Zambia di ajang internasional sejak tim nasionalnya menjalani laga perdana pada 1964.

Terlebih, sejak awal Zambia sama sekali tak diunggulkan. Apalagi saat itu Piala Afrika 2012 digelar di Gabon, yang tak lain negara di mana tragedi kelam pernah menghantui perjalanan Zambia di sepak bola.

Lantas, di sisi manakah kisah Cinderella dan mistis dari keberhasilan Timnas Zambia menjuarai Piala Afrika 2012 tersebut? Berikut rangkumannya.