Liga Indonesia

Update WADA: Bendera Merah Putih Sudah Boleh Berkibar Awal Februari

Senin, 17 Januari 2022 18:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© NOC Indonesia
Ketua Satgas Percepatan Pembebasan Sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA), Raja Sapta Oktohari dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Copyright: © NOC Indonesia
Ketua Satgas Percepatan Pembebasan Sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA), Raja Sapta Oktohari dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan kabar baik mengenai hukuman Indonesia dari badan anti doping dunia (WADA). Dimana bendera Indonesia akan bisa kembali berkibar di event olahraga pada awal Februari mendatang.

Bendera Indonesia memang sempat dilarang berkibar di kancah event olahraga internasional. Selain itu Indonesia juga dilarang menjadi tuan rumah penyelenggaraan event olahraga internasional.

Hal ini tak lepas dari hukuman dari WADA terhadap Indonesia. Dimana Indonesia dalam masa sanksi dari WADA karena sejumlah pelanggaran yang dilakukan.

Alhasil, bendera merah putih tidak bisa berkibar dalam beberapa kejuaraan seperti Piala Thomas & Uber serta Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Terkait masalah ini Menpora, Zainudin Amali pun membentuk Satgas untuk menyelesaikan masalah ini. Kini Satgas yang dipimpin oleh Raja Sapta Oktohari memberikan kabar baik, dimana hukuman Indonesia akan segera bebas dan bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih di kancah olahraga Internasional.

“Sudah dilaporkan tadi, saya mendapatkan laporan dari Ketua Tim Pak Okto bahwa WADA sudah sangat puas dengan apa yang kita lakukan dan Insya Allah akan digolongkan pada kategori negara yang komplais (patuh terkait aturan dopping),” kata Amali.

Insya Allah yang selama ini merisaukan kita semua sebagai warga bangsa, tentang pelarangan pengibaran bendera maka mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintang dan halangan-halangan lain itu bisa awal Februari sudah bisa berkibar,” tambah Amali.