Liga Indonesia

Dikritik Pedas Haruna Soemitro, Shin Tae-yong Akhirnya Buka Suara

Sabtu, 22 Januari 2022 19:40 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara perihal kritikan pedas yang diutarakan oleh anggota Exco PSSI, Harun Soemitro, beberapa waktu lalu.

Baru-baru ini jagat sepak bola Indonesia dihebohkan oleh ucapan Haruna Soemitro. Petinggi Madura United itu blak-blakan menyebut Shin Tae-yong sebagai pelatih yang terlalu mudah tersinggung. 

Haruna juga menyebut pencapaian runner-up Piala AFF 2020 tidak lebih hebat dengan pelatih-pelatih sebelumnya.

Haruna juga sempat menambahkan jika taktik yang diterapkan Shin Tae-yong tidak seindah manajer-manajer di Liga 1. Maka dari itu para pemain tim Garuda kesulitan beradaptasi dan gagal jadi juara.

Komentar Haruna itu praktis mengundang reaksi negatif banyak pihak, termasuk PSSI sendiri. Sebagian besar suporter timnas Indonesia pun  menginginkan Haruna meninggalkan bangku Exco PSSI.

Fans menilai jika Shin Tae-yong, yang juga kerap disapa STY, sudah membawa angin segar bagi sepak bola Tanah Air. Pelatih berusia 52 tahun itu sukses meremajakan skuat Timnas Indonesia dan banyak mendorong pemain-pemainnya untuk berkarier di luar negeri contohnya Asnawi Mangkualam yang kini berkiprah di kasta kedua Korea Selatan.

Hingga kini konflik Haruna Soemitro vs fans Timnas Indonesia masih cukup panas. Mengetahui jika publik berada di belakangnya, Shin Tae-yong pun memilih untuk tetap cool.

"Saya sedang tidak dalam mood yang baik. Saya tidak akan mengatakan sesuatu yang aneh-aneh," ujar Shin Tae-yong dikutip dari media Korea Selatan, Ilgan Sports (ISplus), via CNN.

"Saya hanya ingin berterima kasih kepada para penggemar karena mengetahui bahwa tim kami bekerja keras dan mendukung kami," imbuh eks nakhoda timnas Korsel di ajang Piala Dunia 2018 silam itu.