Liga Indonesia

Disidak Satgas COVID-19, Begini Tindakan Pencegahan Klub Liga 1

Kamis, 3 Februari 2022 12:10 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 1 merespons badai Covid-19 varian Omicron pada seri empat di Bali dengan penerapan protokol kesehatan dan mulai melakukan terobosan penting. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 1 merespons badai Covid-19 varian Omicron pada seri empat di Bali dengan penerapan protokol kesehatan dan mulai melakukan terobosan penting.

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 merespons badai Covid-19 varian Omicron pada seri empat di Bali dengan penerapan protokol kesehatan dan mulai melakukan terobosan penting.

Inspeksi dilakukan tim satgas Covid-19 Liga 1 dengan mendatangi beberapa markas tim. Mereka ingin memastikan bagaimana 18 klub peserta menjalankan protokol kesehatan setelah badai Covid-19 menghantam Liga 1.

Dari inspeksi tersebut ditemukan fakta yang menggembirakan. Klub-klub Liga 1 kembali super disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Yang jadi perhatian saat ini adalah sudah adanya perubahan perilaku, seperti mengikuti prokes yang ketat. Pergi-pergi keluar baik indoor atau outdoor berkurang hingga desinfektan hotel secara berkala," kata tim satgas Covid-19 Liga 1, dr. Arfan Nur Asyhar, saat ditemui di The Haven Hotel, Seminyak, Kuta, Rabu (02/02/22) sore.

Klub juga mengadaptasi situasi sekarang dengan mengubah kebiasaan lama. Arema FC yang menjadi tim pertama terserang badai Covid-19, sudah menempatkan satu pemain dalam satu kamar.

Arema FC kini sudah menjadi tim yang bebas dari Covid-19. Dr. Arfan menyebut cara itu sangat efektif dalam memutus rantai penularan Covid-19.

"Ada juga tim yang mengadakan meeting membahas strategi melalui zoom, tidak berkumpul lagi. Kemudian di jam makan juga bergantian setiap sepuluh orang," kata dr. Arfan.