Bola Internasional

Dewi Fortuna yang Berbeda di Final Piala Afrika untuk Senegal

Senin, 7 Februari 2022 11:25 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Thaier Al-Sudani
Senegal merayakan gelar juara Piala Afrika 2021.(Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani) Copyright: © REUTERS/Thaier Al-Sudani
Senegal merayakan gelar juara Piala Afrika 2021.(Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani)

INDOSPORT.COM - Senegal berhasil menyembuhkan luka adu penalti di final Piala Afrika 20 tahun lalu, dengan sebuah gelar tahun ini.

Turnamen sepak bola terbesar antar negara di Benua Hitam, Piala Afrika 2021, baru saja rampung digelar. Senegal keluar sebagai juaranya, usai mengalajkan Mesir lewat adu penalti 4-2.

Sejatinya ajang ini dihelat tahun lalu di Kamerun sebagai tuan rumah, namun harus ditunda karena di negara tersebut angka kasus positif Covid-19 masih tinggi.

Bermain di Stadion Paul Biya, Olembe, Kamerun, kedua tim bermain hati-hati di awal-awal babak pertama.

Senegal sempat mempunyai peluang emas untuk unggul lebih dahulu pada menit ke-4 setelah mereka mendapat hadiah penalti.

Saliou Ciss dilanggar oleh Mohamed Abdelmonem di kotak terlarang. Eksekusi dilakukan oleh Sadio Mane, namun tendangannya mampu ditepis kiper Mesir.

Hingga memasuki menit akhir babak pertama, kedua tim masih mencoba untuk mencari gol. Akan tetapi rapatnya barisan pertahanan Senegal dan Mesir membuat skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua Mesir mencoba bermain dengan lebih agresif. Namun Senegal mendapat peluang apik lebih dahulu. Pada menit ke-50, Gueye melepas tendangan cukup keras. Namun peluang masih bisa digagalkan kiper Mesir.

Menit ke-55, Senegal mengancam lagi. Namun serangan mereka dari sisi kiri masih bisa digagalkan Gabal lagi. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak kedua usai.

Kebuntuan juga tidak mampu terpecahkan oleh kedua tim. Dalam waktu 2x15 menit extra time, skor 0-0 tak berubah. Pertandingkan pun harus dituntaskan melalui babak adu penalti.

Sadio Mane yang menjadi eksekutor pamungkas Senegal berhasil menaklukkan Abougabal. Senegal menang 4-2 dan keluar sebagai jawara Piala Afrika 2021.