Bola Internasional

Timnas Indonesia U-23 Batal ke Piala AFF U-23 2022, Ini Respon Menpora

Jumat, 11 Februari 2022 15:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memahami keputusan PSSI dan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong untuk menarik diri dari Piala AFF U-23 2022 di Kamboja.

Baginya semua ini memang terjadi di luar kendali. Timnas Indonesia U-23 memang dipastikan batal mengikuti perhelatan Piala AFF U-23 di Kamboja.

Batalnya Timnas Indonesia U-23 lantaran dari hasil swab yang dilakukan terdapat tujuh pemain pemain positif Covid-19.

Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Sementara empat pemain lainnya menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar COVID-19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Disamping itu, sejumlah pemain mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1 diantaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Terkait hal ini Menpora Zainudin Amali menerima keputusan ini. Baginya memang di situasi pandemi saat ini tidak boleh memaksakan kehendak.

“Kita tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah,” ucap Zainudin Amali.