Bola Internasional

Harapan Sandy Walsh Jika Proses Naturalisasinya Sudah Rampung untuk Timnas Indonesia

Selasa, 15 Februari 2022 07:13 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia, Sandy Walsh, pernah berkunjung ke Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain berdarah Indonesia, Sandy Walsh, pernah berkunjung ke Jakarta.

INDOSPORT.COM -  Sandy Walsh berharap proses naturalisasinya segera rampung, agar bisa tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memberikan lampu hijau untuk proses naturaliasi dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jodri Amat. 

Bahkan kabarnya Menpora Zainudin Amali bakal mempercepat proses naturaliasi keduanya. Sebelumnya ada empat pemain yang diajukan untuk dinaturalisasi oleh PSSI.

Namun hanya dua yang bersedia, sedangkan dua lainnya yaitu Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen terkendalan restu dari orang tua.

Kabar tersebut tentu menjadi angin segar bagi salah satu pemain calon naturalisasi, Sandy Walsh. Pemain KV Mechelen itu mengungkapkan bahwa ia tidak lama lagi akan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Ia juga berharap bisa segera membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, ajang terdekat yang kemungkinan Sandy Walsh bisa menjalani debutnya.

"Prosesnya sekarang sudah 90-95 persen menuju selesai," kata Sandy Walsh kepada media Belgia, Gazet van Antwerpen.

"Bulan April saya berharap sudah menjadi WNI, biar saya bisa tampil di tiga pertandingan menentukan Kualifikasi Piala Asia 2023," ujarnya.

Lebih lanjut, pemain berusia 26 tahun itu membeberkan alasannya getol ingin membela Timnas Indonesia. Kehadiran pelatih Shin Tae-yong menjadi salah satu faktornya.

"Sekarang ada pelatih Timnas Indonesia (Shin Tae-yong) yang sangat percaya kepada saya," tambahnya.

"Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia coba memanggil saya. Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi," tukasnya.