Liga Indonesia

Deretan Pemain Indonesia yang Berkarier di Jepang Sebelum Pratama Arhan

Rabu, 16 Februari 2022 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pratama Arhan gabung klub Liga 2 Jepang Tokyo Verdy. Foto: [email protected]_verdy

INDOSPORT.COM – Pratama Arhan membuat geger sepak bola Tanah Air usai resmi bergabung klub Jepang, Tokyo Verdy. Kira-kira, siapa saja pemain Indonesia sebelum dirinya yang pernah mentas di negeri Sakura?

Jagat sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan kabar Pratama Arhan bergabung klub kasta kedua Jepang, Tokyo Verdy. Kabar ini sendiri telah dikonfirmasi PSIS Semarang selaku klub bek berusia 20 tahun tersebut.

“Pratama Arhan akan lanjutkan karir ke luar negeri dengan bergabung klub Jepang, Tokyo Verdy di kompetisi Meiji Yasuda J2 League,” bunyi unggahan akun Instagram PSIS.

Kepindahan bek kiri Timnas Indonesia ini pun cukup mengejutkan. Sebab, Arhan sebelumnya dikaitkan dengan kepindahan ke klub Korea Selatan.

Hanya saja, saga kepindahannya itu pun telah meredup seiring pengumuman resmi PSIS Semarang dan Tokyo Verdy akan transfer Pratama Arhan.

CEO PSIS, Yoyok Sukawi, menyebutkan bahwa kepindahan Arhan tak memakan biaya transfer sepeserpun. Ia rela melepas paemain andalannya itu dengan status bebas transfer.

““Hari ini dengan rasa bangga dan senang, kami umumkan kalau wonderkid PSIS jebolan akademi PSIS, Pratama Arhan resmi kamilepas ke klub Jepang, Tokyo Verdy,” bunyi pernyataan Yoyok Sukawi.

“Sesuai komitmen PSIS, Arhan kami lepas tanpa fee satu rupiah pun. Ini demi karier Arhan. Hal ini juga sebuah kebanggaan untuk PSIS karena jebolan akademinya bisa dilirik klub Jepang,” lanjutnya.

Kepindahannya ke Tokyo Verdy ini pun meneruskan kiprah pemain Indonesia di Liga Jepang. Kira-kira, siapa saja pemain yang pernah mentas di negeri Sakura sebelum Pratam Arhan?