Bola Internasional

Invasi Asia Tenggara ke Kasta Kedua Jepang, Ini Daftar Calon Rival Pratama Arhan

Sabtu, 19 Februari 2022 06:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
J2 League saat ini punya lima pemain asal Asia Tenggara lain yang bisa menjadi pesaing Pratama Arhan yang baru direkrut oleh Tokyo Verdy. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
J2 League saat ini punya lima pemain asal Asia Tenggara lain yang bisa menjadi pesaing Pratama Arhan yang baru direkrut oleh Tokyo Verdy.

INDOSPORT.COM - Pratama Arhan akan jadi pemain asal Indonesia pertama yang bermain untuk Tokyo Verdy pada musim 2022 mendatang. Kendati demikian rupanya ia bukan satu-satunya legiun dari regional Asia Tenggara di kasta kedua Jepang saat ini.

Belakangan ini klub-klub Negeri Sakura termasuk J2 League mulai sering membuka diri untuk atlet-atlet dari Asia Tenggara. Tidak dimasukannya pemain dari federasi AFF dalam kategori pemain asing dengan adanya program partner nations membuat semuanya jadi lebih mudah. 

Setidaknya saat ini ada lima pemain asal Asia Tenggara lain selain Arhan. Mengingat bursa transfer Jepang belum akan ditutup sampai 29 Maret 2022 masih ada kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah.

Siapa saja mereka? Ini dia ulasan singkatnya:

1. Sittichok Prakan (Thailand/FC Ryukyu)

Kedatangannya ke Jepang dan FC Ryukyu sebenarnya sudah terjadi sejak April 2021 lalu. Sittichok datang sebagai pemain pinjaman selama dua musim dari raksasa Thailand yakni Chonburi FC.

Pada musim pertamanya di J2, Sittichok belum banyak mendapat kesempatan dan penyerang 23 tahun itu baru memainkan lima laga tanpa gol. Diharapkan di musim kedua penggawa Thailand U-23 ini bisa memperbaiki catatanya.

2. Jefferson Tabinas (Filipina/Mito HollyHock)

Salah satu talenta blasteran yang dimiliki baru-baru ini oleh Filipina. Jefferson yang lahir dan besar di Jepang sebenarnya bisa memegang paspor Nigeria juga yang merupakan negara asal ayahnya.

Berposisi sebagai bek tengah, peamin kidal 23 tahun ini sudah pernah tiga kali memperkuat timnas Filipina di ajang kualifikasi Piala Dunia pada 2021 lalu. Sejak Februari 2021 ia menjadi bagian tim Mito HollyHock usai kontraknya bersama jawara kasta teratas Jepang, Kawasaki Frontale, kadaluarsa.