Liga Indonesia

Sempat Bermasalah, PSSI Pastikan Dokumen Naturalisasi Jordi Amat Sudah Aman

Jumat, 25 Februari 2022 20:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/Indosport
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengonfirmasi jika dokumen naturalisasi Jordi Amat sudah aman. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengonfirmasi jika dokumen naturalisasi Jordi Amat sudah aman.

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengonfirmasi jika dokumen Jordi Amat sudah aman, setelah sebelumnya sempat dikembalikan Kemenpora karena dinilai pernah membela Timnas Spanyol di usia muda. Proses naturalisasi pun dilanjutkan. 

Seperti diketahui, Jordi Amat pernah bermain di timnas U-16 Spanyol hingga U-21. Pada 2014, dia memainkan total 15 pertandingan bersama Timnas U-21 Spanyol.

Hal tersebut membuat Kemenpora ragu karena tidak ingin ada masalah seperti yang pernah dialami Ezra Walian. 

Tetapi, kini Hasani Abdulgani menegaskan tidak ada lagi masalah tersebut. Setelah melakukan meeting pengacara di Eropa yang sudah koordinasi dengan FIFA, disebutkan ada amandemen baru tentang artikel 9.2. (perpindahan federasi di dalam Regulations Governing the Application of the Statutes di Statuta FIFA 2020). 

"Insya Allah tidak masalah," bukanya dalam pesan singkat. 

"Jadi sebenarnya kendalanya mis persepsi, benar apa yang dilihat di atas kertas benar. Cuma menurut pengacara kami yang di Eropa, yang sudah koordinasi dengan FIFA, peraturan yang sekarang hasil amandemen 2020, sedang kasus Jordi Amat 2014. Jadi, prinsipnya, terjadi 2021, itu berlaku, karena ini sebelum 2020 hukumnya tak berlaku surut, jadi tak ada masalah," imbuhnya.