Liga Indonesia

Liga 1: Kasus Persipura Masih Didalami Komdis PSSI, Tidak Jadi Kalah WO?

Sabtu, 26 Februari 2022 22:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT.com
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT.com
Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

INDOSPORT.COM - PSSI menyerahkan kasus Persipura Jayapura yang tak datang dalam laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2021-2022 kepada Komisi Disiplin (Komdis). Kasus ini masih terus didalami oleh Komdis.

Diketahui Persipura Jayapura memang tidak datang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dalam laga tunda melawan Madura United. Padahal, baik Madura United dan perangkat pertandingan sudah berada dalam stadion.

Kasus ini pun sudah ditangani oleh Komdis PSSI. Sekjen Yunus Nusi mengatakan bahwa perkara Persipura sedang didalami sebelum nantinya menjatuhkan vonis.

"Komdis terus melakukan pendalaman untuk mengkaji sebelum akhirnya memberikan putusan. Kita tunggu saja apa yang akan diputuskan oleh Komdis," kata Yunus Nusi, Sabtu (26/2/22).

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan tidak ada kejadian luar biasa yang dialami Persipura Jayapura sehingga harus menunda laga.

"Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Kasusnya seperti Tira-Persikabo versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan," ujar jelas Akhmad Hadian Lukita.

Persipura sebelumnya mengirim surat permohonan tertanggal 20 Februari 2022. Isi surat itu menjelaskan, Persipura tak bisa bertanding seusai hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan total sembilan yang positif (3 ofisial dan 6 pemain).

Pada surat tersebut tertulis, "maka kami berkoordinasi dengan PT LIB untuk dilakukan tes pembanding pada Senin (21/2/22). 

"Jika hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status positif, Persipura Jayapura tidak dapat bertanding disebabkan (1) jumlah pemain banyak yang berhalangan untuk dimainkan, (2) menghilangkan azas fairness."