Bola Internasional

Kabur dari Ukraina, Bek Shakhtar Donetsk Disambut Isak Tangis Keluarga di Brasil

Rabu, 2 Maret 2022 15:55 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
© wikipedia
Bendera Ukraina. Foto: wikipedia Copyright: © wikipedia
Bendera Ukraina. Foto: wikipedia

INDOSPORT.COM - Sebanyak 15 pesepak bola asal Brasil yang kabur dari daerah invasi Rusia di Ukraina sudah sampai di Bandara Internasional Guarulhos, Sao Paulo, Selasa (3/3/22). 

Untuk sampai ke Brasil, mereka harus melarikan diri lewat jalur darat, melintasi perbatasan Ukraina, sebelum akhirnya tiba di Rumania untuk melanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju kampung halaman.

Di antara rombongan terdapat empat pemain asal klub Ukraina, Shakhtar Donestsk, antara lain Domilson Cordeiro Dos Santos (Dodo), Fernando Dos Santos Pedro, Pedro Victor Delmino Da Silva (Pedrinho), dan gelandang tengah Maycon Barberan.

Terdapat juga gelandang Chronomorts Odesa, Wanderson Cavalcante atau sering dipanggil Wanderson Maranhao. Atlet asal Brasil lainnya, Renan Oliveira, diketahui sampai lebih dulu dengan penerbangan lebih awal.

Dilansir Metropoles, kedatangan bek Shakhtar Donetsk, Dodo, disambut isak tangis keluarga dan kerabat sesampainya di Brasil.

“Kami tak membawa apa pun, hanya susu dan pakaian seadanya. Ayah mertua saya membawakan dua apel,” ujar Lyarah Vojnovic Barberan, istri Maycon, ketika berbicara tentang keputusan untuk melarikan diri dari Ukraina.

“Anak saya memakan apel, kemudian saya mengambil sedikit sisanya dan memakannya, itu cara saya bertahan selama perjalanan,” tambahnya.

Para pemain Brasil mengatakan bahwa sebelum sampai di Rumania, mereka dan keluarga bersembunyi di ruang bawah tanah sebuah hotel di Kiev atas saran dari klub masing-masing. 

Namun, setelahnya tidak ada kepstian dari klub sehingga nasib mereka terkatung-katung di tengah peperangan antara Rusia dan Ukraina.