Liga Indonesia

Imbas Laga Kontroversi Farmel FC vs Persikota, PSSI Diminta Investigasi Wasit Liga 3

Rabu, 9 Maret 2022 16:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© pssi.org
Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly alias Bung Towel. Copyright: © pssi.org
Pengamat sepak bola nasional, Tommy Welly alias Bung Towel.

INDOSPORT.COM - Laga penuh kontroversi memang terjadi ketika Farmel FC menghadapi Persikota Tangerang di babak 16 Besar Liga 3 2021-2022. Dimana dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 6 Maret lalu, Farmel FC menang dengan skor 3-0.

Namun laga ini penuh dengan kontroversi. Wasit Untung Santoso dinilai amat berat sebelah. Dimana kejadian itu dilihat dari beberapa keputusan onside yang dinilai offside. Serta keputusan penalti untuk Farmel FC yang sangat kurang pas.

Kejadian ini pun membuat respons terhadap pengamat sepak bola Tommy Welly. Melalui akun youtubenya, Gocek Bung Towel yang menilai kasus wasit di Liga 3 adalah kejadian yang terus berulang-ulang. 

"Liga 3 sejak babak 64 besar, kasusnya berulang-ulang. Wasitnya dikejar-kejar dan ricuh di langapang karena wasit. Respons PSSI masih sebatas akan diperbaiki atau dikenai sanksi," kata pengamat sepak bola, Tommy Welly dalam YouTube-nya, GOCEK BUNGTOWEL.

"Kita melihat respons PSSI memang seolah-olah gerak cepat. Langsung memulangkan wasit. Lho, seharusnya jangan dipulangkan. Namun, diisolasi untuk diinvesitgasi supaya ketahuan akar masalahnya."

"Apakah wasit itu cakap atau ada faktor lain yang memengaruhi performa wasit. Kenapa perlu? Itu yang ditunggu-tunggu publik sepak bola. Publik ingin tahu mengapa wasit berperilaku demikian."

"Kalau wasitnya kontroversi karena ketidakcakapan, berarti PSSI salah memilih wasit yang tidak cakap. Apakah betul faktornya itu? Sulit diterima karena kejadiannya berulang-ulang dan aktornya adalah wasit," jelas bung Towel, karibnya disapa.