Liga Indonesia

Iseng jadi Kiper, Cyrus Margono Selangkah Lagi Gabung Timnas Indonesia

Selasa, 15 Maret 2022 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© cmargono/INSTAGRAM
Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono Copyright: © cmargono/INSTAGRAM
Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono

INDOSPORT.COM - Hanya iseng menjadi kiper karena tak ada palang pintu di timnya, Cyrus Margono kini tinggal selangkah lagi untuk bergabung di timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, PSSI kini tengah menggalakkan program naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia. Target PSSI adalah para pemain keturunan di Eropa.

Di tengah upaya PSSI merangkul kiper asal Italia, Emil Audero Mulyadi, untuk menjalani program naturalisasi, mereka justru dapat nama kiper baru, yaitu Cyrus Margono.

Cyrus Margono, terlahir dari sosok ayah kelahiran Bali dan besar di Surabaya, Jawa Timur sedangkan sang ibu adalah warga asli Iran. Cyrus sendiri tercatat lahir di Amerika.

Sejak kecil, orang tuanya sudah memberi fasilitas untuk bermain bola dan bergabung dengan tim. Entah mengapa, Cyrus memilih untuk menjadi kiper dibanding posisi lain.

"Jadi ada cerita lucu. Saat saya di klub umur 11 atau 12 tahun, mereka bilang lagi butuh penjaga gawang, cuma uji coba saja untuk satu game," ungkap Cyrus via KR TV.

"Lalu saya lihat sekeliling, kok tidak ada yang ngomong sama sekali, akhirnya saya bilang, oke saya yang akan melakukannya," cetusnya.

Berawal dari uji coba tersebut, sang pelatih mengakui kualitas Cyrus Margono. Alhasil, ia pun mantap dinobatkan sebagai kiper tim.

"Tidak ada target mau jadi kiper, saya hanya beruntung. Saya senang bisa menjadi kiper, saya senang melakukan penyelamatan," ucap penggemar Ederson tersebut.

Walau aktif bermain dengan tangan, Cyrus Margono juga menggunakan kakinya, sehingga ia masih merasa aktif di atas lapangan.

"Saya juga suka menggunakan kaki, seperti kiper modern lah, jadi saya masih merasa penting dalam permainan tim, saya bisa melakukan banyak hal di belakang," jelasnya.