Liga Indonesia

Liga 1: Persik Kediri Kehilangan Spirit, Javier Roca Siap Bertanggung Jawab

Minggu, 20 Maret 2022 10:25 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Javier Roca, Pelatih Persik Kediri. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Javier Roca, Pelatih Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Pelatih Javier Roca siap bertanggung jawab atas hasil negatif Persik Kediri secara beruntun menjelang detik-detik penghabisan Liga 1 musim ini.

Javier Roca paham betul terhadap penurunan performa yang tengah dialami Tim Macan Putih, terutama setelah memastikan diri lolos dari degradasi, sekaligus mencapai target bertahan di Liga 1.

Indikasi itu tercermin dalam kekalahan 0-2 saat menjalani pekan ke-32 Liga 1 2021-2022 menghadapi Barito Putera, Sabtu (19/3/22).

"Tentu, hasil ini harus dievaluasi," tutur Javier Roca dalam sesi jumpa pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (19/3/22).

"Saya orang pertama yang siap dievaluasi dan bertanggung jawab atas kekalahan ini," sambung pelatih asing berkebangsaan Chile tersebut.

Dia juga tahu bahwa kekalahan dari Barito Putera memperpanjang tren negatif yang diperoleh Persik Kediri secara beruntun.

Sejak mengalahkan Arema FC dengan skor tipis 1-0, 27 Februari lalu, Faris Aditama dkk. tidak lagi bisa menang dalam empat laga beruntun.

Persik Kediri hanya bisa mengais dua angka dari hasil imbang 2-2 kontra Madura United dan Persita Tangerang (1-1), serta takluk dari Persebaya Surabaya (0-1).

"Hasil ini harus kami terima, bahwa memang kami sulit menang lagi," beber Javier Roca yang pernah merengkuh titel top skor Copa Indonesia 2005 semasa aktif bermain tersebut.