Bola Internasional

Mengenal Ryu Nugraha, Pemain Asal Indonesia yang Menembus Liga Jepang Sebelum Pratama Arhan

Rabu, 23 Maret 2022 16:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© parceiro.co.jp
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro. Copyright: © parceiro.co.jp
Ryu Nugraha, kiper muda Indonesia yang bermain untuk klub kasta ketiga Liga Jepang (J3-League), AC Nagano Parceiro.

INDOSPORT.COM - Indonesia tak hanya mengirimkan Pratama Arhan untuk bermain di Negeri Sakura. Tapi ingat ada juga Ryu Nugraha yang bermain di J.League atau Liga Jepang terlebih dahulu

Ryu Nugraha adalah kiper muda berdarah Indonesia yang musim ini akan bermain di J3 League alias kasta ketiga Liga Jepang. Ia membela klub AC Nagano Parceiro yang berasal dari daerah Prefektur Nagano.

Ryu Nugraha akan jadi satu dari tiga kiper di tim utama, dengan ia mengenakan nomor punggung 31 di tim.

Musim lalu, Ryu dipinjamkan ke Fukui United dan bermain di kasta kelima Liga Jepang. Musim ini ia kembali dan masih memiliki kontrak hingga 2023 mendatang.

Ryu lahir pada tahun 2000 yang merupakan tahun Naga, membuatnya diberi nama Ryu, yang berarti Naga dalam Bahasa Jepang.

Pelajaran olahraga menjadi mata pelajaran yang paling ia kuasai di bangku sekolah, kini Ryu punya hobi bermain Boling, Biliar, Darts, dan juga memancing. Boling juga jadi kegiatan yang dipilihnya saat merasa stres.

Saat sekolah dulu, Ryu Nugraha mengaku selalu makan sesuatu saat istirahat karena selalu merasa sangat lapar.

“Saya tak bisa pergi ke Okinawa karena badai, jadi saya jalan-jalan di Tokyo saat hujan,” ujar Ryu soal kenangan yang paling ia ingat saat libur sekolah.