In-depth

3 Pemain Eropa yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Ada The Next Lewandowski

Kamis, 24 Maret 2022 04:13 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
3 Pemain Eropa yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Ada The Next Lewandowski. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
3 Pemain Eropa yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Ada The Next Lewandowski.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pemain keturunan Eropa yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 mendatang karena memiliki darah dari tanah air.

Seperti diketahui, Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, baru-baru ini menjelaskan kalau pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong tertarik menggunakan tiga pemain keturunan di Piala Dunia U-20.

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, pemain keturunan bisa mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa menjalani proses naturalisasi.

Hal itu lantaran usia yang masih di bawah 19 tahun dan belum sempat memperkuat tim nasional lainnya di pertandingan resmi FIFA.

"Kemungkinan 3 pemain keturunan Indonesia dengan usia rata-rata 18 tahun akan diambil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19," kata Hasani Abdulgani dalam wawancara di chanel YouTube Ridho Hafiedz.

Sayangnyam Hasani masih tutup mulut mengenai siapa saja tiga pemain keturunan yang diincar oleh Shin Tae-yong. Namun INDOSPORT telah menemukan gambaran siapa saja tiga pemain yang pas untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Siapa saja mereka? simak ulasannya berikut ini:

Kai Davy Boham

Kai Davy Boham merupakan bek tengah yang kini memperkuat klub Almere City di kompetisi kasta kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie 2021-2022.

Ia baru-baru ini memberikan sinyal tertarik membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 setelah PSSI menyinggung soal pemain keturunan. Hal tersebut diketahui dari postingan di akun Twitter miliknya pada Minggu (13/3/2022) lalu.

Kai Boham memberikan emoticon dua tangan dan bendera Indonesia saat me-retweet pemberitaan dari salah satu akun pundit. Tidak hanya itu, ia juga me-retweet pemberitaan dari akun media kenamaan asal Malaysia, Vocketfc.

Menurut situs Transfermarkt, bek kelahiran 2003 itu merupakan pemain jebolan akademi Almere City. Ia kini menjadi bagian skuat U-21 yang berhasil mengamankan tiket promosi ke Liga Belanda U-21 pada akhir Februari 2022 lalu.