Liga Indonesia

Liga 1: Jauhi Degradasi Usai Kalahkan Persela, Pelatih PSS Sleman Curhat Situasi Timnya

Sabtu, 26 Maret 2022 05:29 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede Swisantoso lega timnya bisa mengalahkan Persela Lamongan 3-2 pada laga pekan ke-33 Liga 1 2021/2022.(Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede Swisantoso lega timnya bisa mengalahkan Persela Lamongan 3-2 pada laga pekan ke-33 Liga 1 2021/2022.(Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, I Putu Gede Swisantoso lega timnya bisa mengalahkan Persela Lamongan 3-2 pada laga pekan ke-33 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (24/3/22).

Putu Gede mengakui tekanan pada laga ini begitu besar. Bahkan, secara jujur pelatih kelahiran Surabaya ini tak menyukai situasi yang ada sebelum pertandingan PSS melawan Persela.

"Paling tidak saya sukai pertandingan ini karena situasi berat banget, tapi saya apresiasi para pemain,” kata Putu Gede.

“Ini momen yang sangat berat, sudah psikologis dan mental yang berbicara, karena ekspektasi dan tekanan di klasemen,"

"Saya bersyukur para pemain bisa tahan (dengan situasi). Terima kasih buat para pemain," lanjut mantan pelatih Persekat Tegal ini.

Kemenangan ini tak sekadar memperpanjang napas PSS Sleman dalam target menghindari zona degradasi ke Liga 2. Ya, PSS masih bersaing dengan Persipura Jayapura dan Barito Putera.

Kemenangan ini jelas menjadi modal untuk menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ke-34 alias pekan terakhir Liga 1, Kamis (31/3/22) mendatang. Tim Elang Jawa butuh satu poin lagi untuk menghindari zona degradasi.

Paling tidak ada empat sesi latihan yang bisa dimaksimalkan untuk persiapan melawan Persija. Putu Gede menyebut ada beberapa pembenahan yang perlu dilakukan.

"Kita akan perbaiki kesalahan fundamental. Ada beberapa kesalahan secara organisasi permainan. Kita akan coba benahi itu, baik saat bertahan, menyerang maupun transisi," tutur Putu Gede.

"Mudah-mudahan bisa segera teratasi, segera ada solusi dan perbaikan. Saya yakin tanggal 31 nanti tim bisa menentukan permainan yang lebih baik dari pertandingan lawan Persela. Paling penting sekarang sudah ada ada mental untuk menang. Soliditas grup juga bagus," imbuh Putu Gede.