In-depth

Perjalanan Bali United di Liga 1 2021-2022 hingga Mampu Meraih Gelar Juara

Sabtu, 26 Maret 2022 17:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Berikut perjalanan Bali United besutan Stefano Cugurra Teco di kompetisi kasta tertinggi Liga 1 2021-2022 hingga mampu menyegel gelar juara.

Seperti diketahui, Bali United baru saja resmi ditetapkan sebagai jawara Liga 1 musim ini pada Jumat (25/03/22), meski ternodai dengan kekalahan telak 0-3 dari Persebaya Surabaya.

Bukan hal mudah bagi tim berjulukan Serdadu Tridatu dalam mempertahankan gelar juara Liga 1 yang sempat mereka dapatkan pada edisi 2019 lalu.

Kompetisi musim ini cukup berbeda karena seluruh kontestan harus berjuang di tengah pandemi Covid-19. Jelang Liga 1 2021-2022 dimulai pada Agustus 2021 lalu, Bali United nyaris tidak merubah komposisi pemain.

Mereka hanya meminjamkan dua pemain lokal ke Persis Solo untuk mengarungi kompetisi Liga 2. Dua nama itu adalah striker muda Irfan Jauhari dan gelandang Arapenta Poerba.

Di laga perdana Liga 1, Bali United mampu meraih hasil positif dengan menang tipis 1-0 atas Persik Kediri. Sepanjang seri pertama Liga 1 di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, mereka tidak pernah kalah dengan rincian tiga kali menang dan sekali imbang.

Hal ini membuat Ilija Spasojevic dkk sempat bertengger di posisi tiga klasemen Liga 1 dengan mencatat sembilan gol dan sembilan kali kebobolan.

Akan tetapi, Serdadu Tridatu kemudian mengalami penurunan performa saat memasuki seri kedua yang berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Bali United malah menelan dua kekalahan, sekali imbang, dan dua kali menang. Hal ini membuat posisi mereka terjun ke posisi kelima klasemen pada akhir seri kedua atau pekan ke-11 Liga 1.