Liga Indonesia

Kolaborasi dengan Klub Amerika Serikat, ASIOP FC Tatap Masa Depan Cerah

Minggu, 27 Maret 2022 20:02 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Indra Citra Sena/INDOSPORT
ASIOP FC baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22). Copyright: © Indra Citra Sena/INDOSPORT
ASIOP FC baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 3, ASIOP FC, semakin serius memajukan sepak bola Indonesia lewat jalur pembinaan usia dini. Mereka baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22). 

Penandatanganan nota kesepahaman alias MoU dilakukan di markas kebanggaan mereka, ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Bogor. Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Eduardo Perez Moran sebagai perwakilan dari Brooklyn United. 

Eduardo Perez terbilang cukup akrab di telinga para penikmat sepak nasional. Pelatih dengan ciri khas kepala plontos ini diketahui pernah menjadi asisten Luis Milla di timnas Indonesia periode 2016-2018. 

Di Brooklyn United, Eduardo Perez menjabat sebagai Direktur Kepelatihan. Dia nantinya akan bertanggung jawab menyempurnakan kurikulum akademi melalui kolaborasi dengan Direktur Teknik ASIOP FC yang sama-sama berpaspor Spanyol, Pedro Javier Banuelos Saez. 

"Hari ini kunjungan balik dari Brooklyn United setelah sebelumnya kami diwakili Pak Ade Wellington duluan menyambangi New York beberapa waktu lalu," kata Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, kepada awak media di ATG Sentul. 

"Kini, kami melakukan formulasi kerja sama dalam bentuk MoU jangka panjang sekitar 3-5 tahun. Yang jelas kolaborasi dengan Brooklyn United ini nantinya bisa menyempurnakan kurikulum akademi kami, yaitu ASIOP Way," cetusnya. 

Ke depan, ASIOP FC dan Brooklyn United juga akan saling mengirim pemain dan pelatih satu sama lain. Tujuannya tentu saja agar membantu akademi klub berkembang jauh lebih baik lagi melalui turnamen-turnamen usia dini yang bergulir di New York maupun Jakarta. 

Satu benefit lain dari kerja sama ini adalah kedua belah pihak bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman masing-masing dalam menjalankan manajemen akademi seluruh kategori usia yang berguna untuk urusan sponsorship komersial. 

"Kerja sama ini sangat penting bagi klub dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan sponsor yang memberikan dukungan berkelanjutan untuk pengembangan ASIOP FC," tandas Ade Prima Syarif. 

Ada pun kolaborasi dengan Brooklyn United terasa membanggakan bagi ASIOP FC karena Amerika Serikat merupakan salah satu negara terbaik dalam urusan perkembangan sepak bola di dunia. Mereka pernah menduduki ranking 4 FIFA, meski sekarang berada di urutan ke-13.