Liga Spanyol

Selain Camp Nou, Beberapa Markas Klub Top Eropa Juga Pernah Dikomersilkan

Selasa, 5 April 2022 03:51 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© INDOSPORT
Markas Barcelona yakni Stadion Camp Nou. Copyright: © INDOSPORT
Markas Barcelona yakni Stadion Camp Nou.

INDOSPORT.COM - Stadion menjadi aset penting bagi sebuah klub sepak bola. Namun, untuk kepentingan keuangan beberapa ktim rela mengubah nama markas kebanggan.

Terbaru ada klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona yang telah menjalin kesepakatan dengan perusahaan streaming music asal Swedia, yaitu Spotify.

Kesepakatan yang terjalin akan membuat markas Blaugrana berubah mulai musim depan. Nama markas kebanggan warga Catalan akan berubah menjadi Spotify Camp Nou.

Hal tersebut dlakukan untuk memenuhi kebutuhan klub yang sempat ‘rusak’ di era presiden Josep Maria Bartomeu beberapa tahun lalu.

Namun Barcelona, bukanlah satu-satunya tim yang mengganti nama stadion. Salah satu yang paling terkenal adalah Signal Iduna Park.

Markas Borussia Dortmund berganti nama yang sebelumnya dikenal dengan Westfalenstadion. Perubahan nama tersebut juga karena unsur sponsor.

Selain itu ada markas Juventus yang berganti nama. Stadion yang terletak di kota Turin berganti nama dari Juventus Stadium menjadai Allianz Stadium.

Emirates Stadium yang merupakan markas Arsenal juga mengalami perubahan. Dulunya stadion yang terletak di Londonitu dikenal sebagai Ashburton Grove.

Markas Atletico Madrid juga mengalami perubahan setelah mendapatkan sponsor baru. Metropolitano Stadium telah berganti, menjadi Wanda Metropolitano yang menambahkan nama sponsornya.