Bola Internasional

PSSI Dapatkan Tanda Tangan, Kemenkumham Lancarkan Naturalisasi Sandy Walsh Cs?

Minggu, 17 April 2022 11:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Da'Yerimon/Indosport.com
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com Copyright: © Da'Yerimon/Indosport.com
Exco PSSI, Hasani Abdulgani. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, telah bertemu tiga pemain keturunan yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama. Mereka berdiskusi perihal proses naturalisasi serta meneken sejumlah dokumen.

Hasani belum lama ini terbang ke Eropa karena butuh tanda tangan dari tiga pemain tersebut, yang menyatakan bersedia melepas kewarganegaraan lama dan menjadi WNI. 

Diketahui, proses naturalisasi para pemain keturunan saat ini tengah mandek di Kemenkumham. Mereka meminta dokumen pelengkap yang wajib ditandatangani Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama.

Setelah mendapatkan tanda tangan dan persetujuan, Hasani berharap proses naturalisasi ketiganya berjalan lancar. Pasalnya, mereka diproyeksikan ke Kualifikasi Piala Asia 2023 awal Juni mendatang.

"Tergantung mereka (Kemenkumham). Kalau niat mau bantu, seharusnya lancar ya," jawab Hasani Abdulgani ketika dikonfirmasi kelanjutan proses naturalisasi.

Tiga nama yang diajukan untuk diproses naturalisasi merupakan pilihan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia butuh pemain berpengalaman di Eropa agar meningkatkan kualitas Skuat Garuda.

Sementara itu, proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama tidak bisa secepat kilat, meski pemain di atas punya darah Indonesia.

PSSI terlebih dahulu mengajukan ke Kemenpora RI untuk dibahas di Komisi X DPR RI demi mengejar persetujuan sebelum dilantik oleh Kemenkumham.