Liga Indonesia

Suporter Relatif Patuh, Menpora: Semoga Liga 1 Musim Depan Ada Penonton

Minggu, 17 April 2022 13:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT.COM
Menpora, Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers usai menyambut Timnas Amputasi Amali. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT.COM
Menpora, Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers usai menyambut Timnas Amputasi Amali.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan rasa apresiasi tinggi terhadap suporter Indonesia yang bisa menyukseskan roda kompetisi sepak bola.

Roda kompetisi sepak bola Indonesia memang ditutup dengan indah. Baik turnamen pramusim Piala Menpora, Liga 1 dan Liga 2 berakhir lancar.

Keberhasilan Piala Menpora, Liga 2 2021 dan Liga 1 2021-2022 memang menjadi titik awal berlangsungnya kompetisi dalam kondisi pandemi virus corona.

Diketahui, memang sangat sulit dan harus berani memberikan jaminan penyelenggaraan turnamen. Mereka harus merubah kondisi yang biasanya dengan suporter harus berubah tanpa penonton di stadion.

Terkait kebijakan ini, Zainudin Amali mengaku ada banyak pihak yang mencibir akan keputusan menyelenggarakan hajatan sepak bola di Tanah Air.

"Di awal banyak yang meragukan, mencibir, dan mengatakan macam-macam," kenang Menpora saat mengawal terselenggaranya turnamen pramusim Piala Menpora.

"Tetapi, memang yang paling berat titik awalnya adalah ketika saya harus menjamin secara tertulis dan juga Ketum PSSI," tambahnya. 

"Sebuah turnamen harus berjakan dengan prokes ketat dan tanpa penonton. Alhamdulillah, dengan kesuksesan tersebut kami punya pengalaman untuk Liga 1 dan Liga 2," imbuh Zainudin Amali.