Liga Indonesia

Liga 1: Kelelahan Bela Persib Musim Lalu, Beckham Putra Butuh Istirahat

Kamis, 28 April 2022 11:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Beckham terpilih sebagai Favorite young player Beckham Putra Nugraha, pada Persib Award 2021-2022 di Paberik Badjoe Factory Outlet, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (13/4/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Beckham terpilih sebagai Favorite young player Beckham Putra Nugraha, pada Persib Award 2021-2022 di Paberik Badjoe Factory Outlet, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (13/4/22).

INDOSPORT.COM - Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, mengakui bahwa kompetisi Liga 1 2021-2022 cukup berat lantaran jadwal pertandingan tergolong padat.

Adik kandung Gian Zola ini menyebut jadwal Liga 1 2021-2022 menguras kebugaran fisiknya. Apalagi, kick-off pertandingan Persib sebagian besar berlangsung pada malam hari. 

Hal itu sangat mempengaruhi waktu istirahat para pemain karena seusai pertandingan baru tiba di hotel dini hari, sedangkan pagi harinya tim kembali beraktivitas untuk persiapan laga selanjutnya.

Selain itu, kompetisi digelar di tengah pandemi Covid-19 dan memakai sistem bubble, sehingga tim peserta tidak bisa bermain di kandangnya.

Beckham berharap, ke depannya kompetisi Liga 1 bisa berjalan dengan normal kembali, sehingga pemain bisa memiliki waktu istirahat yang cukup.

"Ya evaluasi sih lebih ke stamina, karena kita di sana sistem bubble, punya waktu istirahat cuma empat atau tiga hari," kata Beckham Putra Nugraha, Kamis (28/4/22).

"Jadi kondisi berpengaruh juga karena recovery kami terkuras banyak. Terkadang harus bermain pukul 21.45 waktu Bali, pulang jam 1 malam, pagi kita tetap latihan, jadi sangat terganggu," cetusnya.

Meski cukup melelahkan, Beckham merasa Liga 1 2021-2022 sangat berkesan bagi perjalanan kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Pasalnya, pemain jebolan Diklat Persib ini mulai mendapatkan tempat di skuat Maung Bandung dengan sering diturunkan oleh pelatih Robert Rene Alberts dalam pertandingan.

Sebagai informasi, Beckham Putra Nugraha menjadi salah satu muda yang sering mendapat kesempatan bermain di Liga 1 2021-2022. Dari total 34 laga Persib Bandung, dia mendapatkan kepercayaan bermain sebanyak 22 kali.

Selain itu, Beckham juga menyumbangkan lima gol plus tiga assist bagi skuat Maung Bandung sepanjang kompetisi Liga 1 2021-2022. Persib finis di peringkat kedua dan berhak mendapatkan tiket tampil di Piala AFC.

"Ya kesannya satu musim ini sangat berarti lah buat karier saya juga karena tahun ini dapat jam bermain yang lumayan bagus," ucap Beckham.