Bola Internasional

Ogah Tenggelam Euforia Bungkam Filipina, Shin Tae-yong Minta Timnas Indonesia U-23 Fokus ke Myanmar

Sabtu, 14 Mei 2022 17:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, merasa puas atas kemenangan atas Filipina dan meminta anak asuhnya fokus ke laga kontra Myanmar. Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, merasa puas atas kemenangan atas Filipina dan meminta anak asuhnya fokus ke laga kontra Myanmar.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong merasa puas atas kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Filipina. Baginya anak asuhnya sudah menunjukkan kerja keras dalam laga tersebut. Meski begitu, ia meinginginkan anak asuhnya segera fokus ke laga berikutnya di SEA Games 2021. 

Timnas Indonesia U-23 berhasil menang telak atas Filipina. Skuat Garuda Muda menang dengan skor 4-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Jumat (13/05/22) kemarin.

Empat gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Muhamad Ridwan pada menit ke-17', Rizky Ridho menit 44', Egy Maulana 74', dan Marselino Ferdinan 84'(pen).

Menanggapi kemenangan ini, Shin Tae-yong selaku pelatih sangat puas. "Pemain telah bekerja keras pada pertandingan ini," buka Shin Tae-yong.

Namun Shin Tae-yong mengingatkan anak asuhnya tidak cepat puas. Dia meminta Marc Klok dan kolega segera menaruh fokus untuk laga selanjutnya menghadapi Myanmar.

"Selanjutnya kami fokus melawan Myanmar, kami tentu ingin meraih kemenangan dan lolos semifinal," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan kalau dirinya memang sangat mengandalkan kolektivitas tim, baik ketika bertahan maupun menyerang.

"Permainan sepak bola yang saya inginkan memang mengandalkan semua pemain, jadi tidak harus mengandalkan penyerang untuk mencetak gol," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Bahkan Shin Tae-yong menegaskan bahwa seorang pemain belakang pun tak hanya fokus bertahan.

Baginya seorang bek juga bisa memiliki peluang untuk mencetak gol.

"Bek pun tidak hanya bertahan dan striker menyerang saja. Semua posisi bisa mencetak gol," tambah pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Indonesia masih menyisakan satu laga lagi melawan Myanmar, Minggu (15/05/22). Kemenangan melawan Myanmar juga tak kalah penting untuk meloloskan ke babak semifinal. Di Grup B persaingan juga masih ketat antara Malaysia, Singapura, dan Thailand.