Liga Indonesia

Lepas Riyandi ke Persis Solo, Barito Dapatkan Pengganti yang Sepadan di Liga 1

Senin, 16 Mei 2022 14:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter/@PSSI
Muhammad Riyandi kembali merumput bersama timnas setelah alami cedera panjang Copyright: © Twitter/@PSSI
Muhammad Riyandi kembali merumput bersama timnas setelah alami cedera panjang

INDOSPORT.COM - Resmi melepas kiper Muhammad Riyandi ke Persis Solo di bursa transfer Liga 1 2022-2023, Barito Putera akhirnya mendapat kiper pengganti yang sepadan.

Kehilangan kiper potensial Muhammad Riyandi tentu menjadi kekecewaan besar bagi Barito Putera. Tak hanya tampil apik di Liga 1, Riyandi juga jadi langganan Timnas.

Barito Putera melihat potensi Riyandi saat masih bermain di Bina Taruna. Sang kiper pun direkrut sejak masih berusia 16 tahun.

Tak butuh waktu lama, Riyandi berhasil mencatatkan debutnya di pentas Indonesia Soccer Championship pada usia 16 tahun.

Tak tanggung-tanggung, Riyandi menjalani debutnya bersama Barito, menghadapi tim bertabur bintang, yakni Persib Bandung.

Walau kebobolan dua gol, namun kiper asal Bogor itu berhasil menggagalkan eksekusi penalti dari striker haus gol, Samsul Arif. 

Riyandi kembali diturunkan saat Barito berjumpa Persiba Balikpapan. Sesuai harapan, ia bisa melakukan banyak save dan akhirnya Laskar Antasari menang 3-1.

Karir Riyandi kian mulus saat dipanggil ke Timnas Indonesia berbagai kelompok usia. Walau sempat diterpa cedera, ia bangkit dan bisa kembali ke performa terbaiknya.

Di usianya yang ke-20 tahun, Riyandi sudah menjadi kiper utama Barito, menyingkirkan para kiper senior seperti Aditya Harlan, Andri Prabowo, juga Kurniawan Kartika Ajie.

Kini, Muhammad Riyandi coba mencari tantangan baru. Ia meninggalkan Barito Putera dan bergabung ke tim promosi, Persis Solo, jelang kompetisi Liga 1 2022-2023.