Bola Internasional

Mengenal Susilo, Sosok Indonesia yang Cetak Sejarah di Timnas Timor Leste

Selasa, 17 Mei 2022 16:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Youtube Chandra Margatama
Susilo, orang Indonesia yang jadi fisioterapi Timnas Timor Leste. Copyright: © Youtube Chandra Margatama
Susilo, orang Indonesia yang jadi fisioterapi Timnas Timor Leste.

INDOSPORT.COM - Mengenal Susilo, sosok asli Indonesia yang mencetak sejarah baru di Timnas Timor Leste, sebagai fisioterapi.

Sebagaimana diketahui, Timor Leste ialah negara pecahan dari Indonesia, sehingga saat ini masih berkembang, termasuk di kancah sepak bola di level Asia Tenggara.

Bahkan, liga sepak bola Timor Leste baru terbentuk di tahun 2015 silam. Kala itu, mereka benar-benar serius belajar, dan mendatangkan orang-orang profesional.

Tak hanya pemain asal Indonesia, pemain asing yang pernah merumput di Tanah Air, hingga pelatih berlisensi dari Indonesia.

Salah satunya, Timor Leste mendatangkan pelatih asal Indonesia, Andi Susanto. Sang pelatih memberikan kontribusi besar untuk perkembangan sepak bola Timor Leste.

Tak sendiri, Andi Susanto juga membawa sosok fisioterapi asal dalam negeri, Susilo, untuk bertugas menangani fisikal di klub.

"Kita dulu satu tim dengan Coach Andi Susanto, orang Surabaya, yang pegang Sriwijaya FC U-21 di Palembang," ucap Susilo di Youtube Chandra Margatama.

"Pertengahan 2015-2016, kontraknya habis, Andi dikontak sama adiknya Adi Gusmao, dipercaya untuk pegang klub Ultramar di Timor Leste," imbuhnya.

"Waktu itu saya ditelpon Andi Susanto untuk bantu, karena di sana belum ada fisioterapi. Pertama kali saya yang masuk di Timor Leste, untuk memperkenalkan masalah therapy sports," lanjut pria asal Jogja itu.