Bola Internasional

SEA Games 2021: Kalah dari Thailand, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Tak Punya Mental Pemenang

Jumat, 20 Mei 2022 00:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yosef Bayu Anangga
© PSSI
Pelatih Shin Tae-yong membongkar alasan Timnas Indonesia U-23 kalah dari Thailand di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/05/22) WIB. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Shin Tae-yong membongkar alasan Timnas Indonesia U-23 kalah dari Thailand di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/05/22) WIB. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Pelatih Shin Tae-yong membongkar alasan Timnas Indonesia U-23 kalah dari Thailand di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/05/22) WIB.

Timnas Indonesia U-23 gagal melangkah ke final SEA Games 2021 setelah kalah 0-1 dari Thailand 0-1 di babak semifinal, Kamis (19/05/22) di Stadion Thien Truong, Hanoi.

Baik Indonesia maupun Thailand sebenarnya gagal cetak gol selama waktu normal atau 90 menit. Kedua tim bermain imbang 0-0 sehingga dilanjutkan ke babak tambahan.

Sayangnya, di babak perpanjangan waktu, gawang Timnas U-23 yang dijaga Ernando Ari harus kebobolan oleh Weerathep Pomphun menit ke-95. Skor itu bertahan hingga menit ke-120.

Menurut pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, kekalahan tipis dari Thailand disebabkan Indonesia tak bisa kembangkan permainan. Mereka lebih banyak terkurung, terutama babak kedua hingga perpanjangan waktu.

"Kekalahan ini memang harus membuat kami evaluasi karena kami tidak bisa mengembangkan permainan saat bertemu lawan yang lebih kuat walau hanya sedikit," kata Shin Tae-yong.

Para pemain Timnas U-23 dinilai belum punya mental pemenang. Marselino Ferdinan dkk, tidak berani memainkan bola lebih lama dan kerap lakukan kesalahan individu.

"Kami takut dengan itu dan tidak bisa mengembangkan permainan kami. Jika mampu bermain seperti biasa, pastinya jalannya pertandingan pasti akan lebih baik," tutur Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu membantah jika fisik pemain Timnas U-23 kedodoran. Shin Tae-yong menegaskan, Thailand lebih bagus dalam selesaikan peluang.

"Kalau saya melihat, bukan karena masalah fisik. Karena Thailand pun main sama juga 90 menit," ujar Shin Tae-yong.