Bola Internasional

Shin Tae-yong Bicara Soal Asnawi, Suporter dan Wasit Pasca Gagal ke Final SEA Games 2021

Jumat, 20 Mei 2022 11:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui absennya Asnawi Mangkualam cukup berpengaruh di laga semifinal SEA Games 2021 lawan Thailand, Kamis (19/05/22).

Timnas Indonesia U-23 kalah tipis 0-1. Asnawi tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning. Hal itu membuat Shin Tae-yong mengubah strategi dan menempatkan Rachmat Irianto jadi bek kanan.

Rian memang tampil cukup baik, tapi hal tersebut mungkin saja tidak sesuai rencana awal Shin Tae-yong

"Memang semua pernah merasakan (absen), Asnawi itu sangat penting untuk melalui pertandingan hari ini (kemarin-red)," tutur Shin Tae-yong. 

Tanpa Asnawi, Timnas U-23 harus melalui laga hingga 120 lawan Thailand. Kedua tim bermain imbang 0-0 selama waktu normal atau 90 menit. 

Di babak perpanjangan waktu, gawang Timnas U-23 yang dijaga Ernando Ari harus kebobolan oleh Weerathep Pomphun menit ke-95. Skor itu bertahan hingga peluit panjang.

Shin Tae-yong juga enggan menunjuk wasit Yahya Ali yang memimpin laga sebagai biang keladi kekalahan, meski ada keputusan kurang tegas dari wasit asal UEA itu. 

"Setelah match tidak perlu menghakimi wasit. Tapi memang pertandingan sedikit tidak lancar dan banyak keputusan wasit yang disayangkan di pertandingan tadi," kata pelatih 52 tahun itu.