Bursa Transfer

Siapkan Dana Belanja Rp2,7 Triliun, Tottenham Hotspur Bisa Menjadi Los Galaticos Liga Inggris

Kamis, 26 Mei 2022 16:22 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Isman Fadil
© IKIMAGES/AFP/Getty Images
Daniel Levy yang terkesan dengan kinerja Antonio Conte di Tottenham Hotpur, diklaim siap menghabiskan dana sebesar Rp2,7 Triliun di pasar transfer. Copyright: © IKIMAGES/AFP/Getty Images
Daniel Levy yang terkesan dengan kinerja Antonio Conte di Tottenham Hotpur, diklaim siap menghabiskan dana sebesar Rp2,7 Triliun di pasar transfer.

INDOSPORT.COM - Bos Tottenham Hotspur Daniel Levy, dikenal sebagai pengusaha yang ‘pelit’ dalam hal menggelontorkan uang untuk klubnya di pasar bursa transfer.

Namun, perangai pria pelontos berusia 60 tahun itu tampaknya akan berubah di bursa transfer musim panas nanti.

Levy yang terkesan dengan kinerja Antonio Conte di Tottenham Hotpur, diklaim siap menghabiskan dana sebesar £150 juta atau Rp2,7 Triliun untuk memperkuat skuad The Lillywhites musim depan.

Dana tersebut diperoleh dari peningkatan modal pemegang saham mayoritas klub Tottenham Hotspur, yang saat ini masih dikuasai oleh perusahaan finansial, ENIC Group.

Di bawah kepemimpinan Levy, Spurs telah menjelma dari awalnya hanya tim papan tengah biasa menjadi penantang kuat di ranking empat besar Liga Inggris.

Berkat kerja keras Levy, kini kekuatan finansial The Lillywhites pun terbilang mapan, hingga masuk ke dalam jajaran sebagai salah satu klub terkaya di Eropa versi Forbes.

Levy sebelumnya menjalankan Tottenham berdasarkan skema selisih keuntungan dan kerugian yang ketat, tanpa dukungan finansial dari Joe Lewis, miliarder pemilik ENIC Group.

Dengan kucuran modal tambahan, total saham ENIC Group di Tottenham Hotspur dapat meningkat dari semula 85,6 persen menjadi sekitar 87,5 persen.

Pihak Spurs mengatakan peningkatan nilai ekuitas saham ENIC akan membuka peluang investasi lebih lanjut “di dalam dan di luar lapangan.”

Pernyataan itu dapat diartikan bahwa pelatih Spurs Antonio Conte, akan diguyur dana fantastis untuk membangun skuad yang dapat bersaing baik di liga domestik maupun kompetisi kontinental.

Antonio Conte sendiri sudah mengatakan kepada Daniel Levy selaku Direktur Tottenham Hotspur, bahwa ia menginginkan dukungan finansial yang besar di jendela transfer musim panas.