Bola Internasional

Bangga! Klub Milik Pengusaha Indonesia FCV Dender Juara di Liga Belgia

Jumat, 27 Mei 2022 17:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Metrotvnews.com
FCV Dender yang dimiliki Sihar Sitorus dan dipimpin CEO wanita, Belinda Siahaan, sukses menembus level profesional Liga Belgia dengan menjuarai kasta ketiga. Copyright: © Metrotvnews.com
FCV Dender yang dimiliki Sihar Sitorus dan dipimpin CEO wanita, Belinda Siahaan, sukses menembus level profesional Liga Belgia dengan menjuarai kasta ketiga.

INDOSPORT.COM - Prestasi nyata baru saja ditorehkan oleh salah satu klub luar negeri yang dipunya orang asal Indonesia yakni FCV Dender dari Belgia.

Pada 2021-2022, kesebelasan milik Sihar Sitorus tersebut sukses menjuarai kasta ketiga piramida sepak bola Negeri Coklat dan musim depan akan berkompetisi lagi di liga profesional.

Dender memang masih asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia atau bahkan Eropa namun mereka sebenarnya punya sejarah panjang.

Mereka sudah pernah menembus kasta teratas Belgia atau 1A Pro League era 2000-an dan bahkan sempat menduduki papan tengah di 2007-2008 dan 2008-2009.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FCV Dender EH (@fcdender)

Hanya saja setelah itu mereka mengalami kemunduran hingga harus terdampar di kancah amatir sejak 2011/2012.

Perlahan Dender kemudian bangkit dan puncaknya terjadi pada 2021-2022 di bawah arahan pelatih lokal kawakan, Regi Van Acker.

Pada musim reguler, FCV Dender berhasil menembus empat besar klasemen akhir Belgian National Division 1. 

Bukan perkara mudah mengingat persaingan antar peserta tetap sengit meski di divisi gurem. Antara pemuncak klasemen dengan tim di tangga keenam hanya ada gap empat poin usai melewati 28 pekan.

Dender kemudian berhak lolos ke babak play-off juara yang diikuti empat tim dan disini mereka justru tampil superior.

Lennard Hens dkk. hanya sekali merasakan kekalahan dari enam pertandingan dan menyapu bersih sisanya dengan kemenangan sehingga diganjar trofi juara usai laga pamungkas play-off kontra Dessel Sport pada Kamis (26/5/22).