Liga Indonesia

Kurnia Meiga Sebut Liga Indonesia Belum Butuh Kiper Asing, Singgung Arema FC?

Selasa, 31 Mei 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Kiper legendaris Timnas Indonesia dan Arema, Kurnia Meiga Hermansyah, blak-blakan menyebut bahwa tim Liga 1 sejatinya belum membutuhkan kiper asing. Copyright: © INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Kiper legendaris Timnas Indonesia dan Arema, Kurnia Meiga Hermansyah, blak-blakan menyebut bahwa tim Liga 1 sejatinya belum membutuhkan kiper asing.

INDOSPORT.COM - Kiper legendaris Timnas Indonesia dan Arema, Kurnia Meiga Hermansyah, blak-blakan menyebut bahwa tim Liga 1 sejatinya belum membutuhkan kiper asing.

Hal ini seolah menyiratkan bahwa Kurnia Meiga menyinggung mantan tim yang telah membesarkan namanya, yaitu Arema FC.

Pasalnya, Arema FC menjadi satu-satunya tim yang menggunakan jasa kiper asing di Liga 1 2021/22 lalu, kemudian disusul Madura United yang merekrut kiper asal Korea.

Arema FC memang tampil apik bersama kiper asing, Adilson Maringa. Namun, kiper lainnya justru minim jam terbang di Liga 1.

Arema FC bahkan harus meninjamkan eks kiper Timnas Indonesia, Kurniawan Kartika Ajie ke RANS Cilegon FC dan Barito Putera.

Melihat fenomena ini, Kurnia Meiga buka suara. Menurutnya, Liga Indonesia belum memerlukan kiper asing, yang setiap kali bermain hanya diperlukan satu kiper saja.

Pasalnya, kualitas kiper lokal juga tidak kalah mumpuni dibandingkan kiper impor. Apalagi, sekarang mulai bermunculan para kiper muda berkualitas di kompetisi Liga 1.

"Menurut saya di Indonesia belum butuh kiper asing, karena di Indonesia ini masih banyak kiper bagus yang membutuhkan kesempatan," ujar Kurnia Meiga di Tiento.

Selain itu, peran penjaga gawang sangat penting untuk berkomunikasi dengan para pemain bertahan. Jika kiper asing, maka ada perbedaan bahasa antara keduanya.

"Indonesia belum butuh kiper asing. Kiper kan harus berkomunikasi dengan pemain belakang, kalau bahasanya beda, misal bek lokal semua, ini komunikasinya bagaimana."