Bola Internasional

Link Live Streaming Finalissima 2022: Italia vs Argentina

Kamis, 2 Juni 2022 00:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Wagner Meier/Getty Images
Selebrasi Messi dan Argentina Usai Juara Copa America 2021 Copyright: © Wagner Meier/Getty Images
Selebrasi Messi dan Argentina Usai Juara Copa America 2021

INDOSPORT.COM – Berikut ini link live streaming pertandingan Finalissima 2022 antara Italia vs Argentina yang akan berlangsung pada Kamis (02/06/22) dini hari nanti pukul 01.45 WIB.

Sempat mati suri selama puluhan tahun, turnamen bergengsi yang mempertemukan jawara Eropa dan Amerika Selatan, dua benua kiblat sepak bola, akhirnya kembali dihelat tahun ini.

Sebelum dihidupkan lagi denga nama Finalissima, turnamen tersebut dikenal sebagai Piala Artemio Franchi.

Medio 80-an, UEFA dan CONMEBOL sepakat untuk mengadakan turnamen yang mempertemukan pemenang Euro dan Coppa America.

Dibentuklah turnamen satu pertandingan bernama Piala Artemio Franchi. Pada edisi pertama digelar tahun 1985.

Prancis yang kala itu masih diperkuat beberapa nama mentereng seperti Michel Platini memenangkan Piala Artemio Franchi edisi perdana melawan Uruguay.

Delapan tahun berselang, tepatnya pada tahun 1993  Piala Artemio Franchi kembali dihelat. Sama seperti format awal, yaitu pertandingan tunggal yang mempertemukan pemenang Euro dan Coppa America.

Pada edisi kedua, Argentina keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Denmark melalui pertandingan yang berlanjut ke adu penalti.

Setelah itu Piala Artemio Franchi ditiadakan dan FIFA selaku badan tertinggi sepak bola kemudian membentuk Piala Konfederasi sebagai gantinya.

Namun, pada 12 Februari 2020, UEFA dan CONMEBOL menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama antara kedua federasi.

Berlangsung di Wembley Stadium, London, Inggris, duel antara Italia vs Argentina pun akan menjadi yang ketiga ajang Finalissima ini.