Liga Indonesia

AFC Cup dan Liga 1 Telah di Pelupuk Mata, ‘Hukum Alam’ Mulai Berlaku di PSM

Selasa, 7 Juni 2022 17:35 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Klub sepak bola kebanggaan publik Sulawesi Selatan, PSM Makassar, mulai menerapkan ‘hukum alam’ sebelum bertarung di AFC Cup 2022 dan Liga 1 2022/23. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Klub sepak bola kebanggaan publik Sulawesi Selatan, PSM Makassar, mulai menerapkan ‘hukum alam’ sebelum bertarung di AFC Cup 2022 dan Liga 1 2022/23.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola kebanggaan publik Sulawesi Selatan, PSM Makassar, mulai menerapkan ‘hukum alam’ sebelum bertarung di AFC Cup 2022 dan Liga 1 2022/23.

Saat ini, Pasukan Ramang hingga beranggotakan 35 pemain dan 18 di antaranya merupakan wajah baru. Termasuk tiga legiun asing, yakni Yuran Fernandes, Kenzo Nambu, dan Everton Nascimento.

Meski mendapat kelonggaran untuk mendaftarkan hingga 35 pemain di Liga 1 2022/23 lantaran tampil di AFC Cup 2022, pelatih Bernardo Tavares mengaku akan melepas beberapa amunisinya.

Oleh karena itu, juru taktik 42 tahun ini menjadikan turnamen pramusim, Piala Presiden 2022, sebagai ujian akhir untuk sejumlah pemain PSM Makassar yang belum dikontrak secara resmi.

“Bagi kami, hal yang sangat penting saat ini adalah seluruh pemain mendapat kesempatan untuk tampil dan membuktikan kualitasnya,” ungkap Bernardo Tavares kepada awak INDOSPORT, Senin (06/06/22) malam.

Sekadar informasi, dari 35 amunisi PSM Makassar yang dipersiapkan menyambut AFC Cup 2022 dan Liga 1 2022/23, baru 26 pemain telah diperkenalkan secara resmi oleh manajemen klub.

Buka Opsi Peminjaman

Lebih lanjut, Tavares mengaku bahwa pemain yang kurang memenuhi ekspektasi, bukan berarti didepak oleh PSM Makassar. Pasalnya, Ia lebih memilih untuk meminjamkannya ke klub lain.

Oleh karena itu, 26 pemain yang telah resmi diikat kontrak tetap berpeluang untuk dilepas menjelang digulirkannya Liga 1 2022/23. Namun, tentu saja dengan status ‘loan’.

“Dari performa yang ditunjukkan dalam sebuah laga uji coba yang membuat kami bisa memutuskan nasib para pemain ke depannya,” tutur pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini.

“Siapa saja yang layak berada di dalam skuat, harus dipinjamkan ke klub lain dan dilepas karena kami tak bisa memiliki terlalu banyak pemain,” lanjut Tavares.

Adapun PSM Makassar baru saja kedatangan dua pemain seleksi yang merupakan jebolan Liga 1 yakni Fulgensius Billy Paji Keraf (penyerang sayap) dan Tegar Infantrie (gelandang).