Bola Internasional

Era Messi-Ronaldo Berakhir, Mbappe Rajai Daftar 100 Pemain Paling Berharga di Dunia

Selasa, 7 Juni 2022 15:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Era kejayaan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo nampaknya akan segera berakhir setelah gelar pemain termahal di dunia saat ini dipegang oleh Kylian Mbappe. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Era kejayaan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo nampaknya akan segera berakhir setelah gelar pemain termahal di dunia saat ini dipegang oleh Kylian Mbappe.

INDOSPORT.COM – Era kejayaan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo nampaknya akan segera berakhir setelah gelar pemain termahal di dunia saat ini dipegang oleh Kylian Mbappe.

Dua legenda sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dulunya pernah dianggap sebagai pesepak bola termahal di dunia.

Hal ini tak lepas dari prestasi yang mereka torehkan selama hampir dua dekade terakhir. Bahkan, Messi dan Ronaldo masing-masing mengantongi tujuh dan lima penghargan Ballon d’Or.

Namun, era kejayaan mereka nampaknya telah lewat setelah daftar 100 pesepak bola paling berharga di dunia diungkap oleh lembaga studi asal Swiss, CIES Football Observatory.

Dilansir dari The Sun, nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menghilang dalam daftar yang mulai didominasi bintang-bintang muda.

Bahkan kapten timnas Inggris, Harry Kane, hanya puas menduduki urutan ke-30. Striker Tottenham Hotspur hanya bernilai 66 juta pounds atau Rp1,1 triliun.

Lembaga tersebut menyatakan bahwa superstar Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, memuncaki daftar tersebut.

Mbappe, yang menolak bergabung Real Madrid dan menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun di PSG bulan lalu memiliki nilai pasaran 175 juta pounds atau Rp3,1 triliun.

Nilai tersebut bahkan naik cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Data Transfermarkt tahun lalu mencatat nilai pasaran Mbappe sudah menyentuh angka 160 juta euro atau Rp2,4 triliun.

Nilai terbaru Mbappe bahkan unggul 20 juta euro dari pahlawan Real Madrid saat menjuarai Liga Champions 2021-2022, Vinicius Junior.