Bola Internasional

Jelang Indonesia vs Kuwait: Flashback Gol Widodo C. Putro, Terbaik Sepanjang Masa

Rabu, 8 Juni 2022 14:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© persita.official/INDOSPORT
Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro sekaligus legenda timnas Indonesia Copyright: © persita.official/INDOSPORT
Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro sekaligus legenda timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi Kuwait dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 hari ini, Rabu (08/06/22), di Jaber Al Ahmad International Stadium.

Laga kontra Kuwait selalu menyisakan kenangan bagi Timnas Indonesia, apalagi jika bertemu di ajang kontinental Piala Asia.

Pasalnya, Indonesia tercatat hanya empat kali lolos ke putaran final Piala Asia, yakni di tahun 1996, lalu tahun 2000, lanjut di tahun 2004, dan tahun 2007 sebagai tuan rumah.

Pertama kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 1996 di Uni Emirat Arab, kala itu Timnas dikomando oleh pelatih lokal, Danurwindo.

Kala itu, Garuda berada satu grup dengan Kuwait, dan berhasil menahan imbang tim asal Timur Tengah itu dengan skor 2-2.

Gol pertama dilesakkan oleh striker Widodo C. Putro dengan sangat mengesankan. Saat mendapat umpan dari Ronny Wabia, ia pun salto dan mencetak bola ke gawang lawan.

Gol salto tersebut bahkan dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia dalam voting yang diadakan oleh Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada beberapa waktu lalu.

Widodo C. Putro sekaligus menjadi orang Indonesia pertama yang bisa mencetak gol di ajang Piala Asia, disusul oleh rekannya, Ronny Wabia sebagai pencetak gol kedua.

Dua bek Kuwait hanya bisa mengolo saat Widodo C. Putro melakukan tendangan salto, dan menembus gawang mereka. Sang kiper pun tak berkutik melihat bola melesat.

Namun, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan China dan Korea Selatan di fase grup, sehingga anak asuh Danurwindo tidak lolos ke babak berikutnya di Piala Asia 1996.