In-depth

Rapor Pemain Timnas Indonesia Saat Hajar Tuan Rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kamis, 9 Juni 2022 09:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut rapor skuat Garuda di laga tersebut. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut rapor skuat Garuda di laga tersebut.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di laga perdana fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut rapor skuat Garuda di laga tersebut.

Sepak bola Asia kini tengah diramaikan oleh gelaran babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sendiri turut berlaga di ajang ini, dengan tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Digelar dengan sistem home tournament, Kuwait menjadi tuan rumah di Grup A ini dengan masing-masing tim akan berjumpa satu kali. Juara grup akan lolos otomatis ke Piala Asia, sedangkan runner up akan bersaing dengan runner up grup B-F dalam mengisi slot 5 runner up terbaik.

Indonesia sendiri mengawali langkah di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini dengan menghadapi tuan rumah Kuwait, Rabu (08/06/22) malam WIB.

Bertemu Kuwait, Timnas Indonesia diadang rekor buruk dengan hanya meraih 1 kemenangan dalam 6 pertemuan sebelumnya. Bahkan kemenangan Indonesia itu terjadi pada Oktober 1980 alias 42 tahun silam.

Menghadapi tuan rumah, pelatih Shin Tae-yong membuat kejutan dengan memainkan pola 3-4-3. Rachmat Irianto yang biasa menjadi gelandang diplot menjadi wing back kanan, sementara sisi kiri dipegang Pratama Arhan.

Kuwait yang nyaman dengah suhu panas di kandang sendiri tampil lebih menekan dan unggul 1-0 lewat Yousef Nasser Al Sulaiman di menit ke-41. Namun, Indonesia hanya butuh 3 menit untuk menyamakan skor menjadi 1-1 lewat penalti Marc Klok, dan menutup babak pertama dengan skor imbang.

Baru semenit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1. Dalam situasi kemelut, Rachmat Irianto menjebol gawang Kuwait lewat sepakan mendatar kaki kiri.

Tak ingin malu di kandang sendiri, Kuwait coba membalas di sisa waktu. Namun, Rizky Ridho dkk tampil tangguh menggalang pertahahan. Indonesia pun akhirnya menutup laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan tipis 2-1.

Kemenangan penting ini tak lepas dari aksi apik sejumlah penggawa Garuda. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia di laga Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, versi Indosport.