Bola Internasional

Timnas Indonesia dan Korea Selatan yang Selalu Berjodoh di Piala Asia, Akankah Terulang di 2023?

Kamis, 16 Juni 2022 17:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Korea Selatan tampaknya selalu berjodoh saat bermain di Piala Asia. Akankah keduanya akan bertemu kembali di 2023 mendatang? Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Korea Selatan tampaknya selalu berjodoh saat bermain di Piala Asia. Akankah keduanya akan bertemu kembali di 2023 mendatang?

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia dan Korea Selatan tampaknya selalu berjodoh saat bermain di Piala Asia. Akankah keduanya akan bertemu kembali di 2023 mendatang?

Timnas Indonesia belum lama ini telah memastikan satu tiket terakhir di Piala Asia 2023, usai menang di laga terakhir grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tiket ke Piala Asia ini didapatkan usai anak asuh Shin Tae-yong secara perkasa menghajar Nepal dengan skor 7-0, Rabu (15/06/22).

Kemenangan besar atas Nepal itu lantas membuat Timnas Indonesia menduduki Runner Up grup A yang kemudian masuk sebagai salah satu Runner Up grup terbaik.

Keberhasilan menembus Piala Asia 2023 ini menjadi kali pertama bagi skuat Garuda sejak terakhir kali tampil di putaran final Piala Asia 2007.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia sebelumnya telah empat kali tampil di putaran final Piala Asia, yakni di tahun 1996, 2000, 2004, 2007.

Dalam partisipasinya tersebut, Timnas Indonesia tercatat tak pernah lolos fase grup. Langkah tim Merah Putih kebanyakan terhenti di babak grup saja.

Uniknya, dalam empat kali kesertaannya di Piala Asia tersebut Timnas Indonesia tercatat tiga kali bersua Korea Selatan di babak grup.

Hal ini menandakan bahwa Timnas Indonesia seakan berjodoh dengan Korea Selatan. Akankah kedua tim kembali berjodoh di Piala Asia 2023 nanti?