Bola Internasional

Bawa Timnas Indonesia ke Piala Asia, Shin Tae-yong: Sepak Bola Tidak Bisa Instan!

Jumat, 17 Juni 2022 16:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai skuad asuhannya terus berkembang ke arah yang lebih baik. Dalam dua tahun terakhir, dia bisa bawa skuad Garuda tembus Piala Asia 2023. 

Shin Tae-yong mengatakan, dalam sepak bola tidak ada yang instan, semua butuh proses panjang. Timnas Indonesia harus lewati beberapa kegagalan seperti hanya runner-up Piala AFF 2020 hingga medali perunggu untuk tim U-23. 

Tapi, secara perlahan para pemain Timnas mulai tunjukkan perkembangan. Apalagi, skuad Merah Putih notabene diisi pemain muda. 

"Pasti para fans, wartawan juga, bisa merasakan sepak bola Indonesia semakin kuat. Dan memang sepak bola itu tidak bisa langsung kuat dengan instan, jadi perlu waktu untuk meningkatkan tim kami," kata Shin Tae-yong. 

Menurut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia bisa melawan tim mana pun. Kuncinya adalah kerja keras dan kepercayaan diri yang harus dimiliki para pemain. 

Pelatih 52 tahun itu lantas meminta para pemain untuk tetap konsisten. Marc Klok dkk wajib meningkatkan kualitas individu saat berada di luar Timnas atau klub. 

"Sebenarnya kita lawan siapa pun kini tidak akan kalah dengan gampang, pastinya tim ini semakin kuat. Ke depannya kita harus jadi lebih baik. Saya sangat percaya dengan hal itu," ujar Shin Tae-yong.

Dengan keikutsertaan di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong berharap Timnas Indonesia jadi lebih kuat. Tim Garuda harus berani membidik level kejuaraan yang lebih tinggi untuk buktikan kualitas. 

"Melalui Piala Asia, tim ini sudah menjadi lebih baik. Untuk ke depannya pasti akan jadi lebih baik lagi," tuntas juru taktik asal Korea Selatan itu. 

Shin Tae-yong jadi pelatih pertama sejak 2004 (tidak dihitung mulai 2007 karena saat itu Indonesia dapat jatah tuan rumah) yang bisa bawa skuad Garuda ke babak utama Piala Asia.