Liga Spanyol

Kondisi Finansial Barcelona Makin Bobrok, Terbentur Tunggakan Transfer Pemain ke 19 Klub Lain

Jumat, 24 Juni 2022 23:37 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Alex Caparros/Getty Images
Ekspresi kekecewaan Philippe Coutinho dan Lionel Messi di laga Barcelona vs Real Madrid. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Ekspresi kekecewaan Philippe Coutinho dan Lionel Messi di laga Barcelona vs Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Terlihat jor-joran dan menarget banyak pemain, Barcelona ternyata masih memiliki tanggungan hutang dengan 19 klub berbeda terkait dengan transfer pemain.

Barcelona mengambil langkah berbeda di bursa transfer musim panas 2022 dengan mendatangkan beberapa pemain.

Namun demikian, rencana Barcelona ini bisa saja gagal dengan krisis finansial yang didapat oleh Barcelona.

Dilansir dari Barca Universal, penjualan 49 persen saham dan hak siar televisi sebenarnya memberikan harapan besar untuk Barcelona mendapatkan 800 juta euro.

Namun demikian, krisis finansial Barcelona kabarnya belum juga berakhir, karena masih ada hutang sekitar 126 juta euro kepada beberapa klub di Eropa.

Kabarnya, hutang ini terjadi karena pembelanjaan pemain besar-besaran oleh Presiden Barcelona sebelumnya, Josep Maria Bartomeu.

Namun demikian, salah satu hutang sudah terbayar, ketika Philippe Coutinho sudah dijual ke Aston Villa, tepatnya berkurang sebesar 29 juta euro.

Philippe Coutinho memang bergabung ke Barcelona pada 2018, tetapi klub belum membayar secara penuh kepada Liverpool.

Selain itu, Barcelona juga berhutang sebenas 9 juta euro dari transfer Francesco Trincao, selain juga hutang sebesar 10 juta euro dari hutang Bordeaux untuk membeli Malcom.

Tak hanya itu, Barcelona juga dikabarkan masih memiliki tanggungan kepada Bayern Munchen ketika mendatangkan Arturo Vidal.