Bola Internasional

Rekap Hasil Piala AFC 2022: PSM Makassar Melaju ke Semifinal, Bali United Tersingkir

Jumat, 1 Juli 2022 01:43 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Piala AFC. Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala AFC.

INDOSPORT.COM - Dua klub wakil Indonesia harus menuai nasib berbeda di ajang Piala AFC 2022. Bali United harus tersingkir, sedangkan PSM Makassar terus melaju.

Hasil kurang memuaskan harus diterima Bali United di babak penyisihan grup G Piala AFC 2022 zona ASEAN. Serdadu Tridatu harus tersingkir, meski di laga pamungkas meraih kemenangan.

Bali United berhadapan dengan tim juru kunci Kaya FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada Kamis (30/06/22) kemarin. Tuan rumah menang 1-0 lewat gol Jajang Mulyana.

Kemenangan itu membuat Bali United mengoleksi enam poin, dan bertengger di peringkat ke-3. Mereka gagal lolos ke babak selanjutnya, karena tak bisa menggeser Visakha FC di urutan ke-2.

Untuk melaju sebagai runner-up terbaik, meski sama-sama mengoleksi enam poin, tapi wakil Kamboja itu unggul head to head dan selisih gol.

Selain itu, Bali United juga tak masuk dalam kriteria tim runner-up terbaik berdasarkan regulasi.

Berdasarkan regulasi, penentuan peringkat dua terbaik, hasil melawan juru kunci tidak dihitung, mengingat ada perbedaan jumlah peserta di tiga grup zona ASEAN.

Grup G dan I berisikan empat tim, sementara Grup H hanya diikuti tiga klub.

Regulasi yang diterapkan dalam penentuan peringkat dua terbaik menyebabkan Bali United gagal melaju ke empat besar, karena mereka hanya mengumpulkan nilai tiga.

Nasib yang sama juga dialami klub Singapura, Hougang United, di Grup I yang dikalahkan wakil Vietnam, Viettel FC, 5-2.