Bola Internasional

Profil Hakeme Yazid, Bomber Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 yang Lebih Dahsyat Ketimbang Ronaldo Kwateh

Senin, 4 Juli 2022 11:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Hakeme Yazid akan jadi lawan Ronaldo Kwateh kala timnas Indonesia jumpa Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 dan bakatnya bukan sesuatu yang bisa diremehkan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT/Twitter@AFFPresse
Hakeme Yazid akan jadi lawan Ronaldo Kwateh kala timnas Indonesia jumpa Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 dan bakatnya bukan sesuatu yang bisa diremehkan.

INDOSPORT.COM - Ronaldo Kwateh mungkin adalah salah satu nama pemain yang punya pamor paling besar di ajang Piala AFF U-19 2022 mengingat ia baru berusia 17 tahun namun sudah memperkuat Timnas Indonesia di banyak lebel bahkan senior.

Akan tetapi, rupanya masih ada pemain yang berpotensi mencuri panggung sang striker belia yakni bintang andalan Brunei Darussalam, Hakeme Yazid.

Layaknya Ronaldo, Hakeme adalah rising star yang paling berpendar terang di negaranya. Bagaimana tidak? Di usia 19 tahun ia adalah penggawa aktif timnas Brunei U-19, U-23, dan senior.

Hakeme mendapatkan debut bersama Brunei Darussalam senior bahkan sejak 2020 silam. Gol perdananya untuk The Hornets (Si Tawon) lahir pada medio Maret 2022 lalu kala melawan Laos dalam sebuah laga uji coba.

Pada Juni 2021, nama Hakeme Yazid masuk dalam daftar pemain muda dari Asia Tenggara yang mendapatkan pengakuan dari media internasional GOAL.

Hanya ada 25 wonderkid yang sukses menembus daftar elite tersebut dan Hakeme sukses menempati posisi 18. Unggul dari dua penggawa Timnas Indonesia junior, Ronaldo Kwateh (25) dan Alex Kamuru (21).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @_hakemesaid

Bukan hal yang aneh memang karena Hakeme lahir dari keluarga penghasil atlet. Ia punya delapan abang yang semuanya mampu memiliki karier di sepak bola profesional.

Debut pro Hakeme terjadi pada musim 2018/2019 Liga Primer Brunei bersama klubnya saat ini yaitu Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club atau yang biasa disebut DPMM FC.

Saat itu Hakeme Yazid baru berusia 16 tahun namun karena sejatinya ia memang sudah ditempa di tim Brunei Darussalam U-17 dan U-16, hanya dalam tempo 30 menit gol kompetisi resmi sudah ia dapatkan kontra Rimba Star FC.

Setelah melewati tujuh pertandingan, Hakeme kemudian mengumpulkan delapan gol yang membuatnya menjadi top skor sekaligus membantu DPMM menjadi juara.