Liga Indonesia

Tampil di Piala AFF U-19, Anak Didik Legenda Chelsea Incar Piala Dunia U-20

Senin, 4 Juli 2022 13:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Muhammad Faiz Maulana, pemain Garuda Select 4. Foto: Instagram@muhammad_faiiss Copyright: © Instagram@muhammad_faiiss
Muhammad Faiz Maulana, pemain Garuda Select 4. Foto: [email protected]_faiiss

INDOSPORT.COM - Muhammad Faiz Maulana adalah satu dari 28 nama yang terpilih ikut Piala AFF U-19 2022. Dia merupakan pemain serbabisa dan mumpuni dimainkan sebagai striker, gelandang, maupun winger. 

Faiz menjadikan Piala AFF U-19 tahun ini sebagai batu loncatan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Dia ingin menunjukan ke dunia bahwa dirinya mampu membuat bangga negara dan keluarga. 

"Saya mau tunjukan ke dunia bahwa bisa bawa Indonesia buat persiapan Piala Dunia U-20. Saya akan tunjukkan, bisa ada di sana," ujar Faiz, Minggu (3/7/22). 

Meski belum dimainkan di laga perdana Piala AFF U-19, pemain berusia 18 tahun itu tetap percaya diri. Faiz menyimpan modal besar karena pernah menjajal klub-klub Liga Inggris seperti Arsenal, Manchester City, dan lainnya. 

Faiz Maulana adalah jebolan Garuda Select 3 dan 4 yang dibawa berlatih di Inggris. Dia ditangani legenda Chelsea, Dennus Wise, dan eks timnas Inggris, Des Walker.

"Pengalaman dan ilmu bagi saya itu guru terbaik. Di Inggris itu melawan Arsenal, Southampton dan lainnya. Banyak pelajaran buat persiapan ke Piala Dunia U-20 nanti," tutur Faiz. 

"Di Inggris tempo bermainnya sangat cepat, tinggi, agresif dan keras dengan bola, tapi teratur," kenang pemain timnas Indonesia U-19 ini soal pengalaman menimba ilmu di Inggris. 

Di Garuda Select, Faiz Maulana mampu menunjukkan potensi dan kualitas dengan mencetak 17 gol melawan akademi klub-klub Liga Inggris.