Bola Internasional

Miris, Timnas Indonesia Belum Bisa Bungkam Vietnam dan Thailand di Semua Level

Kamis, 7 Juli 2022 18:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong dianggap belum juga bisa bawa timnas Indonesia menang atas Vietnam dan Thailand di kelompok usia manapun dan diminta mundur dari jabatannya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong dianggap belum juga bisa bawa timnas Indonesia menang atas Vietnam dan Thailand di kelompok usia manapun dan diminta mundur dari jabatannya.

INDOSPORT.COM - Kegagalan timnas Indonesia untuk menang atas Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19 2022 membuat Shin Tae-yong memperpanjang rekor negatifnya melawan kedua negara tersebut.

Meski sudah dua tahun menangani timnas Indonesia, pelatih asal Korea Selatan itu belum juga bisa menumbangkan The War Elephants dan The Golden Star Warriors.

Catatan buruk tersebut berlaku saat dirinya memegang timnas Indonesia di kelompok usia mana pun baik, U-19, U-23, maupun senior.

Paling banter Shin Tae-yong hanya bisa mengantarkan anak-anak asuhnya untuk mencuri hasil imbang seperti yang dilakukan pada fase grup Piala AFF U-19 kali ini.

Baik Vietnam maupun Thailand sama-sama ditahan seri tanpa gol namun tentunya hasil ini membuat banyak pihak merasakan ketidakpuasan yang luar biasa.

Akhirnya sejumlah fans Merah-Putih di media sosial meminta agar Shin Tae-yong menyerahkan jabatannya sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 pada pelatih lokal saja.

Shin Tae-yong mereka anggap tidak bisa menjalankan tugasnya untuk mempoles talenta-talenta belia untuk berprestasi di regional Asia Tenggara.

Memang terlihat bahwa permainan Ronaldo Kwateh dan kolega pada Rabu (6/7/22) lalu kala melawan Thailand memang sama sekali jauh dari kata indah.

Banyak kesalahan yang harusnya bisa dihindari justru terjadi dan sama sekali tidak nampak koordinasi permainan yang oke dimana biasanya jadi ciri khas pasukan Shin Tae-yong.

Cedera playmaker andalan, Marselino Ferdinan, di tengah laga membuat keadaan jadi lebih buruk. Alur bola semakin tidak karuan dan cukup beruntung Thailand gagal memanfaatkan itu untuk meraup poin penuh.