Bola Internasional

Rencana Besar Negara-negara AFF, Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kamis, 7 Juli 2022 02:43 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia 2022 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM Para petinggi federasi sepak bola ASEAN (AFF) sudah saling setuju jika Asia Tenggara menjadi tuan rumah pada ajang Piala Dunia pada 2034 mendatang.

Menurut media asal Thailand, thairath, dalam pertemuan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara yang diadakan di Thailand pada Selasa (05/07/22), proposal tersebut telah disetujui. Niwat Limsuknirand, pejabat olahraga senior ASEAN, mempresentasikan rencana tersebut.

Sebelumnya di Bangkok, Limsuknirand telah mengundang Kyiv Sameth, presiden Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), dan Winston Lee, sekretaris jenderal AFF, ke dalam sebuah pertemuan.

Dalam pertemuan itu mereka sudah bertukar informasi penting terkait co-hosting Piala Dunia 2034. Persiapan Piala Dunia di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang akan digelar pada 2026 mendatang juga diberikan sebagai contoh.

Patit Suphaphong, sekretaris jenderal Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), mengatakan bahwa perwakilan AFF telah mengundang para ahli berpengalaman untuk memandu penyelenggaraan Piala Dunia.

Semua persiapan akan dipelajari secara mendetail. Suphaphong juga menegaskan bahwa FAT akan aktif mendukung AFF agar negara-negara Asia Tenggara bisa menjadi co-host Piala Dunia 2034.

AFF akan memulai persiapannya pada akhir tahun ini. Ajang Piala Dunia 2026 yang bertempat di negara-negara Amerika Utara akan dipilih sebagai model.