Bola Internasional

Mantap! PSSI Layangkan Surat Protes ke AFF soal 'Sepak Bola Gajah' Vietnam vs Thailand

Senin, 11 Juli 2022 17:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PSSI mengambil langkah tegas terkait insiden 'sepak bola gajah' yang melibatkan Vietnam vs Thailand, di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand memiliki poin yang sama di klasemen akhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, yaitu 11 poin.

Timnas Indonesia unggul selisih gol, setelah Hokky Caraka dkk menang atas Brunei 7-0, membekuk Filipina 5-1, dan memberondong Myanmar dengan skor 5-1, Minggu (10/7/22).

Vietnam sendiri hanya mencetak total 12 gol, sedangkan Thailand lebih sedikit, baru membukukan 7 gol di fase penyisihan grup.

Melihat produktivitas gol, tentu saja Timnas U-19 yang paling layak melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Namun, berdasarkan aturan AFF, Garuda Muda tidak terpilih.

AFF merilis aturan bahwa tim yang memiliki poin sama, maka yang dihitung adalah head to head untuk menentukan siapa yang lolos.

Mengingat Timnas U-19 tak bisa mencetak gol ke gawang Vietnam dan Thailand, maka Garuda Muda pun tidak berhak ke semifinal.

Naasnya, aturan head to head ini baru saja disosialisasikan AFF ketika Timnas Indonesia U-19 menang atas Filipina, dan dijadwalkan berjumpa Myanmar di laga penentuan.

Alhasil, banyak yang tidak bisa menerima keputusan ini, karena seolah-olah sudah di-setting agar Timnas U-19 tersingkir.

Apalagi, pada laga penentuan, Vietnam dan Thailand seolah main tak bergairah, setelah kedudukan imbang 1-1, dan memastikan mereka unggul head to head atas Garuda.