Liga Indonesia

PSSI Dapat Dana Segar dari FIFA Ratusan Juta untuk Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Rabu, 13 Juli 2022 17:57 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA

INDOSPORT.COM – Meskipun tak lagi bermain di Piala AFF U-19 2022, pendukung sepak bola Tanah Air patut berbahagia karena PSSI baru saja mendapatkan dana segar dari FIFA.

Belum lama ini para pendukung pasukan Garuda Muda tengah berduka lantaran idola mereka gagal menembus partai semifinal setelah kalah dalam head to head.

Kini pelaksanaan Piala AFF U-19 2022 yang dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat itu tak lagi menampilkan aksi-aksi memukau dari pasukan muda Shin Tae-yong.

Namun, para pendukung Timnas Indonesia U-19 nampaknya tak lagi larut dalam kesedihan. Sebab, ada kabar bahwa PSSI Telah mendapatkan sokongan dana segar dari FIFA.

Diketahui bahwa perkembangan sepak bola di Indonesia yang terdapat di daerah-daerah lokal masih belum merata.

Hal itu terungkap ketika Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, menyebutkan pada tahun 2020 hanya ada tujuh diklat yang langsung di bawah wewenang pemerintah.

Tentu saja jumlah itu masih belum cukup untuk menjangkau 37 provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pemerataan sekolah sepak bola Tanah Air masih belum merata.

Selain itu, dari ketujuh diklat tersebut, pendidikan yang diterapkan belum mencakup pembinaan berjenjang, yaitu mulai anak SMA atau usia 16-18 tahun.

Padahal, proses pembinaan seharusnya dimulai sejak calon peserta didik mengikuti diklat sejak masih berusia 13 tahun.

Oleh karena itu, dana segar yang diperoleh dari FIFA mampu dimanfaatkan oleh PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia, termasuk pemerataan diklat.