Bola Internasional

Tampil di Piala Asia Timur 2022, Skuad Inti Timnas Jepang Berasal dari J-League

Kamis, 14 Juli 2022 14:04 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Meiji Yasuda J1 League akan memberikan warna dominan pada pagelaran Piala Asia Timur alias EAFF E-1 Football Championship 2022. Copyright: © Dok. J-League
Meiji Yasuda J1 League akan memberikan warna dominan pada pagelaran Piala Asia Timur alias EAFF E-1 Football Championship 2022.

INDOSPORT.COM - Meiji Yasuda J1 League akan memberikan warna dominan pada pagelaran Piala Asia Timur alias EAFF E-1 Football Championship 2022.

Piala Asia Timur adalah kompetisi antarnegara anggota Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) dan kali pertama diselenggarakan pada tahun 2003 lalu.

Korea Selatan jadi negara tersukses dalam gelaran ini dengan lima kali meraih juara. Timnas Cina menyusul di belakangnya dengan dua kali juara, dan satu edisi lainnya dimenangi oleh Jepang.

Pemenang Piala Asia Timur kemudian akan lolos ke perhelatan AFF-EAFF Champions Trophy melawan juara Asia Tenggara, kompetisi anyar yang kini akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Piala Asia Timur 2022 sejatinya akan dihelat di Cina, sebelum kemudian mereka mengundurkan diri karena pandemi.

Jepang kemudian kini akan mengambil alih sebagai tuan rumah turnamen, kali keempat Samurai Biru berperan sebagai tuan rumah.

Korea Utara mundur dari babak kualifikasi, sedangkan empat tim yang lolos ke putaran final pada edisi ini ditentukan melalui peringkat FIFA tertinggi edisi 31 Maret 2022.

Jepang sebagai tuan rumah akan kedatangan tamu timnas Cina, Korea Selatan, dan Hong Kong. Kashima Stadium di Prefektur Kashima dan Toyota Stadium di Toyota akan jadi dua stadion yang digunakan dalam perhelatan kali ini.

Empat negara ini akan saling beradu dalam satu grup dengan sistem single round-robin, masing-masing negara bertemu sekali, dengan pemilik poin terbanyak akan keluar sebagai juara.