Bola Internasional

3 Negara Ini jadi Pesaing Indonesia untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023

Senin, 18 Juli 2022 14:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Indonesia resmi mengaajukan diri menjadi kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 bersama Australia, Korea Selatan dan Qatar. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Indonesia resmi mengaajukan diri menjadi kandidat tuan rumah Piala Asia 2023 bersama Australia, Korea Selatan dan Qatar.

INDOSPORT.COM - Konfederasi sepak bola Asia (AFC) secara resmi mengumumkan empat negara calon kandidat tuan rumah Piala Asia 2023.

Keempat negara itu adalah Australia, Korea Selatan, Qatar, termasuk Indonesia yang akhirnya memutuskan untuk maju sebagai salah satu  calon penyelenggara.

AFC awalnya membuka kesempatan bagi 24 negara yang lolos Piala Asia 2023 untuk ajukan diri jadi tuan rumah, setelah China mengundurkan diri karena melonjaknya kasus Covid-19. 

Hingga batas akhir pengajuan pada 15 Juli 2022, AFC menyatakan hanya menerima surat resmi dari empat member di atas. 

Australia, Indonesia, Korea Selatan dan Qatar diminta untuk segera melengkapi semua dokumen yang berkaitan dengan bidding sebelum 31 Agustus 2022. 

"Sesuai dengan proses penawaran, peraturan lelang didistribusikan ke member AFC pada 17 Juni 2022, dan batas waktu penyerahan dokumen penawaran ditetapkan untuk 31 Agustus 2022," demikian rilis AFC yang diterima INDOSPORT

Nantinya, pihak AFC akan mempertimbangkan atau mengevaluasi kesiapan dari empat negara kandidat tersebut.

Setelah memutuskan siapa tuan rumah terpilih, AFC baru akan mengumumkan perihal tersebut pada 17 Oktober mendatang.

"Setelah itu, evaluasi keseluruhan penawaran akan dilakukan oleh AFC sebelum pemilihan dan pengumuman tuan rumah oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober," lanjut AFC.