Liga Indonesia

Menpora Bocorkan Naturalisasi Jordi Amat cs Sudah Ditandatangani Presiden

Selasa, 19 Juli 2022 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/Indosport.com
Jordi Amat dalam latihan timnas Indonesia di Stadion Persib. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Jordi Amat dalam latihan timnas Indonesia di Stadion Persib. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menpora RI Zainudin Amali membocorkan soal perkembangan proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. 

Dia memastikan bahwa berkas naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh. dan Shayne Pattynama telah ditandatangi oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

Meski demikian, proses naturalisasi masih berjalan karena berkas ketiga pemain keturunan itu 'tertahan' di DPR, yang diketahui sedang memasuki masa reses atau kunjungan kerja. 

"Saat masih menunggu karena DPR lagi reses jadi kita tunggu selesai baru diagendakan lagi. Kalau sudah, saya siap ke Komisi III dan X karena Pak Presiden sudah tanda tangan," ujar Zainudin Amali, Selasa (19/7/22).

Pernyataan Menpora sekaligus menjawab rasa penasaran penggemar mengenai lamanya proses naturalisasi ketiga pemain yang diajukan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Belum lama ini, Exco PSSI, Hasani Abdulghani menyampaikan bahwa berkas Sandy Walsh dan Jordi Amat masih dievaluasi oleh DPR. Sehingga, mereka tidak bisa menjalani sumpah WNI dan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Lebih lanjut, Menpora memastikan pemerintah mendukung penuh proses naturalisasi jika memang sesuai dengan kebutuhan jangka panjang timnas Indonesia. Pemerintah juga akan memfasilitasi jika ada nama baru yang diajukan PSSI.

"Jadi naturalisasi silakan lanjut. Prosesnya menang tidak bisa secepat kilat, meski mereka punya darah Indonesia," tutur Zainudin Amali.